Penjelasan Seo Serta Manfaat Fungsi Tujuan Seo

Apa Itu SEO atau Search Engine Optimization Serta Manfaat Tujuan SEO - Penjelasan Mengenai Definisi SEO atau Search Engine Optimization bisa anda dapatkan dalam artikel ini,

Mungkin masih banyak yang kurang wacana pengertian seo 

Setelah menempatkan seo dalam website, Bik Seon On Page maupun SEO Off Page, salah satu blog yang saya kelola, ternyata sanggup meningkatkan trafik yang tinggi dibandingkan blog yang tidak dioptimasi seo. Baca Artikel Perbedaaan Reo dan SEO serta Cara Menerapkannya

Pertanyaan wacana SEO

Penerapan Seo ternyata banyak cara yang berbeda dalam penerapannya bagi pakar seo dunia, atau yang dikenal SEO MASTER BLOG

Apa sih Manfaat SEO Onpage dalam Website ?

Bagaimana Cara Meningkatkan SEO Pada Blog untuk Pemula ?

Dapatkah Meningkatkan Optimasi SEO sebuah wbsite Yang tepat ?

Perbandingan SEO On Page dan SEO Off Page ?

Penjelasan Singkat Tentang SEO

Search Engine Optimization, biasa disingkat dengan SEO, merupakan istilah yang cukup populer di dunia digital marketing. Pertanyaan menyerupai “Apa itu SEO?” bisa jadi terlintas dibenak para pemula. Dan pertanyaan tersebut memang perlu diketahui dahulu jawabannya. Apalagi bila kawan kawan sangat tertarik untuk mempelajarinya untuk digital marketing masa kini.

Cukup banyak definisi SEO yang bisa kawan kawan temukan di internet. Kawan kawan bisa melihat penjelasan panjang meningkatkan secara optimal mesin pencari menurut wikipedia. Namun menurut kami, pengertian definisi SEO yang paling tepat yakni sebuah usaha yang dilakukan dengan memanfaatkan mesin pencari untuk mendatangkan pengunjung ke website kawan kawan secara natural. Cara memanfaatkan mesin pencari yang dimaksud yakni melakukan serangkaian proses agar website kawan kawan memiliki peringkat yang baik pada hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang kawan kawan targetkan sebelumnya untuk sasaran bisnis.

Tujuan Melakukan Optimasi SEO

Tujuan dari melakukan SEO itu sendiri yaitu menempatkan website kawan kawan di peringkat teratas atau setidaknya di halaman pertama mesin pencari. a Perlu diketahui bahwa di negarIndonesia, SEO juga dikenal dengan istilah meningkatkan secara optimal mesin pencari. Google, mesin pencari dengan pengguna terbanyak, juga mendefinisikan SEO sebagai Search Engine Optimizer. Dalam konteks pengertian tersebut SEO dianggap sebagai subyek atau orang yang melakukan meningkatkan secara optimal mesin pencari. Namun pada dasarnya kedua istilah tersebut sama saja.
Apa Itu SEO? Sebagian besar blogger dan internet marketer pasti sudah mengetahui apa itu SEO (Search Engine Optimization). Pengertian SEO yakni serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google.

Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapat lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis.

Bila kita mengetikkan sebuah kata kunci di halaman pencarian Google, kita akan melihat list website yang berafiliasi dengan kata kunci tersebut. Halaman website/ blog yang teroptimasi dengan baik dan berada pada urutan atas (posisi 1 – 4) biasanya akan mendapat pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan website yang berada di urutan bawah dari hasil pencarian.


Perlu kita perhatikan, yang saya maksud dengan website/ blog yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO yakni website yang berada di urutan atas hasil pencarian organik (Organic Search). Bukan website yang memasang iklan di Google (Google Ads).

Di dalam seni manajemen SEO, ada dua hal PENTING yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page. Yuk kita bahas lebih jauh.

1. Apa Itu SEO On Page

Pengertian SEO On Page yakni sebuah upaya meningkatkan secara optimal website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya meningkatkan secara optimal yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly.

Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:
  • Riset keywords, Riset Keywords Dengan Google Keyword Planner untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat.
  • Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  • Menambahkan description yang relevan dengan website
  • Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  • Mengatur navigasi website sebaik mungkin
  • Membangun internal links
  • Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
  • Dan lain-lain

2. Apa Itu SEO Off Page

Pengertian SEO Off Page yakni upaya meningkatkan secara optimal website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan meningkatkan secara optimal dari luar website itu sendiri.

Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. 

Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:
  • Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  • Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
  • Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  • Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
  • Links dari program blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Links dari website yang mendapat guest blogger
  • Dan lain-lain
Teknik SEO sanggup dikatakan berhasil bila website kawan kawan memiliki peringkat yang baik pada Search Engine Result Page (SERP) untuk hasil pencarian organik. Seperti yang awalnya berada dihalaman 3 Google setelah melakukan teknik SEO menjadi Top 10 Google untuk kata kunci “SEO digital marketing”.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah, mesin pencari menyerupai Google tidak hanya menampilkan hasil organik atau SEO saja, tetapi juga iklan berbayar AdWords. Hal tersebut seringkali membingungkan pemula. Untuk bisa membedakannya silahkan lihat gambar pola SEO berikut.


Contoh penjelasan hasil pencarian Keyword di Google

Penjesalan gambar diatas mengenai penjelasan penerapan SEO dalam dunia digital marketing masa kini,

Yang saya beri bingkai merah yakni kata kunci yang ingin kawan kawan cari di Google. Nah adapun kotak yang berbingkai warna hijau itu merupakan hasil iklan berbayar atau dikenal Adsword. Hasil dari teknik SEO itu sendiri saya berikan tanda dengan bingkai berwarna hitam ke abu-abuan.

Bisa dilihat pada gambar tersebut , bila kawan kawan mengetikan sebuah kata kunci pencarian maka Google akan menampilkan daftar website yang dianggap relevan. Halaman ini lah yang disebut dengan SERP. Ada 2 jenis hasil pencarian, pertama yakni hasil pencarian organik dan kedua yakni iklan berbayar atau adsword. Website yang muncul alasannya ialah yakni SEO pada gambar ditandai dengan bingkai berwarna hitam keabu abuan. Sedangkan bingkai berwarna hijau mengatakan iklan AdWords.

Manfaat Optimasi SEO

Berikut ini yakni beberapa manfaat SEO dalam pemasaran online sebuah bisnis:

1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa halaman website yang teroptimasi dengan baik dari sisi SEO akan mendapat peringkat yang baik juga di mesin pencari, misalnya #Google. Semakin baik posisi halaman website Anda di Google maka peluang untuk mendapat pengunjung (trafik) potensial akan semakin besar. Pengunjung potensial inilah yang nantinya akan menjadi calon customer bisnis Anda.

Mengapa saya menyebutkan trafik dari Google yakni trafik potensial? Tidak semua sumber trafik mengatakan benefit bagi bisnis Anda, apalagi bila trafik tersebut berasal dari website-website auto surf yang mengatakan visitor bot ke website Anda. Trafik menyerupai ini sama sekali tidak ada gunanya bagi perkembangan bisnis Anda, trust me!

Para pengguna Google biasanya mengetikkan kata kunci unik ketika mereka mencari produk yang mereka butuhkan, atau mencari berita bermanfaat untuk mengatakan solusi pada persoalan mereka. Nah ketika mereka menemukan website bisnis Anda melalui Google yang notabene selalu menampilkan hasil pencarian menurut kata kunci, maka kemungkinan besar mereka akan menjadi customer alasannya ialah yakni mereka menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Trafik potensial ini akan tiba terus menerus ke website Anda secara gratis dan akan membantu meningkatkan jumlah customer dan penjualan bisnis Anda.

2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Brand Awareness yakni kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat sebuah merek. Semakin populer sebuah merek pada niche tertentu maka kemungkinan intensitas penjualan juga akan semakin besar. Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan Brand Awareness sebuah bisnis. Salah satunya yakni dengan meningkatkan secara optimal website di mesin pencari (SEO).

Ketika pengguna internet mencari berita yang berafiliasi niche Anda melalui Google dan menemukan berita bermanfaat di website Anda maka kemungkinan besar mereka akan mengingat halaman website yang mengatakan berita berharga tersebut, yaitu website Anda. Semakin banyak orang yang membuka website Anda dari mesin pencari maka merek bisnis Anda juga secara otomatis akan semakin terkenal, setidaknya dikalangan para pengguna internet.

3. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis

Banyak pengusaha online yang bersedia mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan di berbagai media periklanan dengan tujuan untuk mendapat data kontak (email, nomor ponsel, alamat, dan lainnya) calon customer ataupun pelanggan setia bisnis mereka.

Dengan mengetahui data calon customer maka akan lebih praktis untuk menghubungi mereka ketika kita mengeluarkan produk baru atau ingin mengatakan penawaran promosi khusus untuk menjual produk lama. Intinya, kita tetap bisa terhubung dengan customer setiap saat.

Bila website Anda berada pada posisi teratas di mesin pencari maka akan lebih praktis untuk mendapat data customer tersebut, dan tentu saja gratis. Tentunya kita membutuhkan layanan lain untuk menyimpan data base customer tersebut, misalnya layanan autoresponder untuk membangun email list customer kita.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat SEO bagi bisnis Anda, dan menurut saya 3 poin di atas yakni yang paling penting. Masing-masing orang akan merasakan manfaat SEO bagi bisnis mereka ketika sudah mengalaminya sendiri, yang pasti bisnis Anda akan lebih stabil bila website Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari.

Nah, di atas tadi yakni penjelasan singkat apa itu SEO, bagaimana penerapannya, dan apa manfaatnya bagi website bisnis Anda. Optimasi website di mesin pencari yakni proses yang harus kita lakukan secara terjadwal alasannya ialah yakni search engine (terutama Google) selalu memperbaharui hasil pencarian mereka dan menampilkan website yang paling relevan dan teroptimasi dengan baik.

0 Response to "Penjelasan Seo Serta Manfaat Fungsi Tujuan Seo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel