Cara Menciptakan Tabel Pada Microsoft Office Word Dengan Mudah


Membuat tabel di Microsoft Word dulunya sangat menjengkelkan sehingga kebanyakan orang melakukannya di Excel, kemudian memindahkannya (atau import) ke Word. Tabel dalam software Microsoft Word merupakan alat pemformatan yang penting, oleh sebab ialah itu, Microsoft Office membuatnya semakin simpel dalam proses membuat dan memformat tabel di Word untuk Office 365, Word 2019, Word 2016, dan Word 2013.


Dalam artikel ini akan dibahas beberapa tips dalam membuat dan mempercantik tabel dalam Ms. Word:
  1. Membuat tabel
  2. Menu layout & design
  3. Menetapkan posisi tabel
  4. Penggunaan penggaris (ruler)
  5. Konversi dari teks ke tabel (atau sebaliknya)
  6. Format Numbering
  7. Transpose

1. Membuat Tabel

Microsoft menyediakan setidaknya lima metode berbeda untuk membuat tabel: Grafik kotak-kotak, Insert Table, Draw Table, buat tabel Excel Spreadsheet baru ataupun yang sudah ada, and Quick Tables, ditambah opsi untuk mengubah teks yang ada menjadi sebuah tabel. Untuk memulai, buka dokumen Word kosong dari Halaman Utama / Baru. Posisikan kursor Anda di dokumen tempat Anda ingin tabel dimasukkan.

a. Membuat tabel dari gambar kotak
Di bawah tab Insert, klik tombol Table.Kotak obrolan Insert Table akan terbuka, menampilkan pola kotak tabel serta opsi sajian lainnya di bawahnya. Untuk tumpuan cara menggunakannya, tempatkan kursor Anda (tidak diklik) pada sel pertama di kisi dan geser ke bawah dan lagi sampai Anda menyorot empat kolom dan lima baris, kemudian klik sekali saja.


b. Insert Table
Klik Insert > Tables > Insert Table dari sajian dropdown. Dalam kotak obrolan Insert Table, masukkan jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan. Di panel AutoFit Behavior, pilih Otomatis, atau klik panah bawah untuk memilih ukuran lainnya. Anda juga mampu memilih AutoFit to content (menghasilkan kolom yang mampu meluas saat Anda menambahkan data) atau AutoFit to window (memperluas tabel biar sesuai dengan ukuran dokumen).


c. Draw Table
Klik Insert > Tables > Draw Table. Kursor akan menjelma pensil, yang mampu Anda drag ke bawah dan ke samping untuk menggambar kotak. Jangan khawatir tentang ukurannya; Anda mampu merubahnya kapan saja.

Setelah kotak dibuat, posisikan kursor di dalam kotak dan gambar garis berulang-ulang untuk kolom dan baris (satu per satu). Jangan khawatir tentang garis yang bengkok, Ms Word akan meluruskannya saat Anda menggambar.

Untuk menambah atau menghapus kolom dan/atau baris setelahnya, klik di dalam tabel, kemudian pilih tab Desain di bawah Table Tools. Klik tombol Draw Table untuk menambahkan atau melanjutkan menggambar garis dengan kursor pensil Anda, atau klik tombol Eraser untuk menghapus garis dengan kursor penghapus. Untuk menghapus garis, cukup klik garis tersebut dengan kursor penghapus, dan garis itu menghilang.


d. Excel Spreadsheet  (dalam Ms. Word)
Klik Insert > Tables > Excel Spreadsheet. Anda mampu terus menggunakan Excel dan sajian serta perintahnya, tetapi setelah Anda memasukkan data, itu akan dikonversi ke grafik yang tidak mampu diedit.

Jika Anda ingin menambah, menghapus, atau memodifikasi spreadsheet, cukup double klik pada tabelnya, atau mampu juga dengan klik kanan di dalam tabel excel, pilih Objek Lembar Kerja dari sajian dropdown, kemudian klik Edit. Spreadsheet asli muncul kembali untuk diedit. Perhatikan sajian atas pada Word akan  berubah kembali menjadi sajian Excel untuk diedit.


Apabila anda telah memiliki data di file Excel tersendiri, anda juga mampu memasukkannya ke dalam Ms. Word. cukup gunakan fungsi copy dan paste. Buka Excel, pilih data yang akan dicopy, pilih copy (Ctrl+C). Kemudian buka Word, posisikan kursor Anda di lokasi yang diinginkan, dan pilih Paste > Keep Source Formatting.

Opsi lain pada sajian obrolan Paste ialah Merge Formatting, yang mengubah format teks biar sesuai dengan file yang Anda copy
Selain itu, ada pilihan Keep Text Only, yang menempelkan teks tanpa garis-garis Excel, artinya Anda mungkin harus meluruskan kembali kolom dengan tab.


e. Quick Tables
Quick Tables ialah templat tabel yang disediakan oleh Word. Untuk menggunakannya,  klik Insert > Tables > Quick Tables, pilih template tabel dari sajian Quick Tables, kemudian modifikasi biar sesuai dengan kebutuhan Anda.


^ Kembali ke Daftar Isi

2. Menu layout & design

Ada tiga opsi untuk memodifikasi dan / atau menghias tabel:

1. Opsi Pertama: Gunakan Table Tools > Design — atau mampu juga dengan — Table Tools > Layout pada menu.

2. Opsi Kedua: Klik kanan pada tabel dan gunakan sajian popup.

3. Opsi Ketiga: Gunakan shotcut keyboard, yang mampu dilihat saat Anda menekan tombol ALT pada keyboard Anda.

Semua metode ini cepat dan mudah, tetapi menggunakan kombinasi ketiganya akan selalu lebih cepat. Misalnya, gunakan mouse Anda untuk menyorot, kemudian klik kanan untuk menyalin dengan ajun Anda; kemudian panah ke bawah ke lokasi baru dan tekan CTRL-V untuk menempel dengan tangan kiri Anda.

Tab Layout memungkinkan Anda memodifikasi struktur tabel. Menu ini cukup jelas, dan Anda mampu mengarahkan kursor ke fitur untuk menerima klarifikasi lebih lanjut.


Tab Desain adalah alat untuk menambahkan batas, bayangan, style, dan mengkustomisasi header kolom dan baris. Sorot tabel Anda, kemudian pilih Table Tools > Design > Table Styles, Shading, Border Styles, Borders, atau Border Painter (lihat grafik di bawah ini). Cukup mainkan saja fitur-fiturnya dan lihat apa yang terjadi. Jika Anda tidak menyukai fitur yang Anda tambahkan, cukup klik tombol Undo atau tekan CTRL-Z.


^ Kembali ke Daftar Isi

3.Menetapkan posisi tabel

Pertama, klik kanan pada tabel dan pilih Table Properties. Kotak obrolan Tabel Properties digunakan untuk kontrol data dan tampilannya, termasuk ukuran, alignment, dan indentasi tabel.

Secara default, Word meletakkan tabel di rata kiri. Jika Anda ingin menempatkan tabel di tengah, pilih tab Table. Klik pada Alignment > Center.

Indent from left digunakan untuk mengontrol jarak tabel dari margin kiri.

Posisikan tabel sesuai dengan teks di sekitarnya untuk menyelaraskan tampilan estetikanya. Text wrapping mampu diubah sesuai dengan kebutuhan, apakah tabel dalam baris tersendiri (None), ataukan tabel segaris dengan paragraf di sekitarnya (Around). Dari kotak dialog, pada sajian Positioning, Anda mampu mengatur Jarak dari teks di sekitarnya untuk setiap sisi tabel.


Pilih Move with Text jika teks terkait langsung dengan data tabel. Tabel secara vertikal disejajarkan dengan paragraf terkait di sekitarnya. Jika data tabel terkait untuk keseluruhan dokumen, Anda mampu menghilangkan centang pada opsi Move with Text ini.

^ Kembali ke Daftar Isi

4.Penggunaan penggaris (ruler)

Mengubah ukuran tabel dan memposisikannya secara akurat ialah sebuah seni tersendiri. Jika Anda membutuhkan pengukuran yang tepat untuk mengukur baris dan kolom Anda — gunakanlah penggaris.


Gunakan Penggaris yang disediakan oleh Microsoft Word untuk Memosisikan Tabel. Arahkan mouse ke batas garis tabel. Ketika penunjuk panah ganda muncul, klik batas tersebut dan tekan tombol ALT. Microsoft Word akan menunjukkan pengukuran spesifik pada penggaris. Pindahkan baris dan kolom biar sesuai dengan pengukuran Anda.

^ Kembali ke Daftar Isi

5. Konversi dari teks ke tabel (atau sebaliknya)

Fungsi-fungsi tabel juga mampu membuat sebuah daftar/list jauh lebih simpel untuk disesuaikan dan bahkan ditata ulang kemudian. Sebagai contoh, yaitu mengubah daftar kontak klasik menjadi tabel, menggunakan daftar nama — pertama, tengah, terakhir — ditambah kota, negara bagian, wilayah, dan profesi masing-masing orang dalam daftar.

Sejak lama, orang telah menggunakan tab untuk memisahkan bagian/bidang, menambahkan satu atau dua tab untuk mengakomodasi rangkaian data yang lebih panjang. Tetapi bila Anda melaksanakan ini, saat Anda mengonversi tabel menjadi teks, penempatan data akan menjadi amburadul dan mungkin salah tempat.

Dengan fitur Konversi Teks ke Tabel, Anda mampu memisahkan potongan (Nama, Kota, Negara, dll.) Dengan paragraf, tab, koma, atau huruf pemisah lainnya, tetapi hanya gunakan satu pemisah antara setiap bagian.


untuk merubah dari tabel menjadi text biasa, mampu menggunakan cara, pertama, pilih tabel yang akan dikonversi, pilih sajian Layout > Convert to text.

^ Kembali ke Daftar Isi

6. Format Numbering

Microsoft Excel membuat pengisian urutan angka otomatis menjadi sangat mudah, namun dalam Microsoft Word tidak dan Anda mungkin harus menggunakan cara manual. Ada cara yang lebih sederhana daripada cara manual.

Buat kolom baru untuk kolom nomor bila belum ada. Pilih kolom dengan memposisikan mouse di atas kolom, sampai kursor menjelma panah hitam menghadap ke bawah, kemudian klik sampai seluruh baris pada kolom terpilih.


Dengan kolom yang dipilih, pilih sajian Home > Paragraph > Klik pada tombol Numbering yang diinginkan untuk memasukkan nomor otomatis.


Setelah itu urutan angka akan dimasukkan dalam kolom yang dipilih secara otomatis.

^ Kembali ke Daftar Isi

7. Transpose

Ada situasi di mana Anda harus mengubah baris menjadi kolom dan kolom menjadi baris. Satu skenario yang mungkin ialah di mana jumlah kolom melebihi margin dalam sebuah halaman. Merubah kolom menjadi baris atau sebaliknya disebut transposisi.


Namun, Ms. Word belum memiliki metode inbuilt untuk menangani hal ini. Microsoft menyarankan Anda untuk meng-copy-paste tabel Anda ke Microsoft Excel dan menggunakan perintah Transpose-nya. Tabel hasil transpose sekarang mampu copy-paste kembali ke Microsoft Word.

Baca Juga
Cara Cepat Membuat Daftar isi dengan Titik yang Rapi Di Microsoft Office Windows
Pengaturan Margin, Kertas, Font Dalam Membuat Skripsi dengan Word
Pengaturan Nomor Halaman Skripsi dan Karya Tulis Ilmiah Lainnya
Cara Menambah Halaman Baru Dokumen Penulisan di Microsoft Office Word



___________________________________________
Daftar Pustaka:

Basu, Saikat. 2019. 8 Formatting Tips for Perfect Tables in Microsoft Word. https://www.makeuseof.com/tag/8-formatting-tips-perfect-tables-microsoft-word/

Sartain, JD. 2014.  How to create and customize tables in Microsoft Word. https://www.pcworld.com/article/2459947/how-to-create-and-customize-tables-in-microsoft-word.html

0 Response to "Cara Menciptakan Tabel Pada Microsoft Office Word Dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel