10 Problem Komputer & Solusi Memperbaikinya (Error, Hang, Macet, Atau Tidak Menyala)


Apa yang harus dilakukan ketika komputer PC, Laptop, atau Tablet anda bermasalah?

Hari yang buruk terjadi ketika Anda menekan tombol power pada komputer namun tidak terjadi apa apa. Beberapa problem komputer lainnya malah membuat lebih frustrasi daripada hanya ketika komputer tidak mampu booting.

Ada banyak alasan mengapa komputer tidak menyala dan sering kali sangat sedikit petunjuk ihwal penyebab permasalahannya. Ada fakta bahwa sesuatu yang menjadi sumber problem bisa jadi bagian termahal dari PC Anda - ibarat motherboard atau CPU.

Tapi jangan takut alasannya ialah yaitu semua data anda belum tentu hilang! Inilah yang perlu Anda lakukan:
  1. Baca petunjuk nomer 1 di bawah (yang akan membuat Anda merasa lebih baik).
  2. Pilih salah satu panduan di bawah, berdasarkan status komputer Anda atau pilih panduan nomor terakhir kalau komputer berhenti di sebuah titik disertai pesan kesalahan/error.

10 Masalah Komputer & Solusi Memperbaikinya (Error, Hang, Macet, atau Tidak Menyala)


Pilih panduan pemecahan problem terbaik dari bawah berdasarkan pada bagaimana komputer Anda bertindak atau pilih yang terakhir kalau PC Anda berhenti pada titik mana pun alasannya ialah yaitu pesan kesalahan/error.

Informasi

Semua panduan troubleshooting di bawah ini mampu diterapkan di semua perangkat PC. Dengan kata lain, mungkin juga mampu membantu kalau desktop atau laptop Anda bermasalah, atau bahkan mungkin tablet anda. Selain itu, mampu diaplikasikan tidak perduli windows mana yang terinstall, termasuk WIndows 10, Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP. Langkah 1 - 5 bahkan mampu berlaku untuk sistem operasi lain ibarat Linux.

1. Jangan Panik! File Anda Mungkin Masih Baik-baik Saja


Ketika berhadapan dengan komputer yang bermasalah, kebanyakan orang cenderung panik, khawatir bahwa semua data pada komputer mereka akan hilang selamanya.

Memang benar bahwa alasan paling umum komputer bermasalah itu alasannya ialah yaitu perangkat keras ada yang rusak atau bermasalah tapi perangkat keras tersebut jarang terjadi pada hard drive (HDD) terlebih lagi kalau sudah menggunakan SSD (yang notabene lebih aman dari HDD), yang merupakan serpihan dari komputer yang menyimpan semua file Anda.

Dengan kata lain, musik, dokumen, email, dan video mungkin saja masih aman - hanya saja tidak mampu diakses ketika ini.

Kaprikornus ambillah napas dalam-dalam dan cobalah untuk santai. Ada kesempatan baik dimana Anda mampu mengetahui persis mengapa komputer anda bermasalah dan kemudian Anda memperbaikinya dan komputer mampu kembali bekerja.


2. Komputer Tidak Menunjukkan Adanya Power/Tegangan


Cobalah langkah-langkah ini kalau komputer Anda tidak mau menyala dan tidak memperlihatkan adanya tanda-tanda tegangan - kipas tidak berputar dan tidak ada lampu yang menyala pada casing komputer.

Bagaimana memperbaiki komputer yang tidak memperlihatkan adanya power/tegangan? klik disini.

Penting

Anda mungkin melihat cahaya di serpihan belakang PC Anda tergantung pada jenis power supply yang Anda miliki dan mungkin juga penyebab masalahnya.

Catatan

Jangan khawatir ihwal monitor ketika ini. Jika komputer tidak menyalakan alasannya ialah yaitu problem listrik maka monitor tentu tidak mampu menampilkan sesuatu dari komputer. Lampu monitor Anda kemungkinan besar akan oranye / kuning kalau komputer Anda berhenti mengirimkan gosip ke monitor.

3. Komputer Bisa Menyala... Lalu Mati Lagi


Ikuti langkah berikut jika, ketika Anda menghidupkan komputer Anda, komputer anda mati dalam beberapa detik atau menit.

Bagaimana memperbaiki komputer yang menyala kemudian mati lagi? klik disini.

Anda mungkin mendengar kipas di dalam komputer Anda menyala, dan melihat lampu-lampu di depan komputer Anda aktif atau berkedip, kemudian kemudian semuanya mati lagi. Monitor tidak menampilkan apa-apa, dan Anda mungkin mendengar bunyi bip dari komputer sebelum mati dengan sendirinya.

Catatan

Seperti pada skenario sebelumnya, jangan khawatir ihwal keadaan monitor. Meski mungkin ada problem pada monitor juga, namun ketika ini belum saatnya hal tersebut diatasi.

4. Komputer Menyala Tetapi Tidak Muncul Apapun Pada Monitor


Jika komputer Anda tampaknya mendapat tegangan sehabis menyalakannya, namun monitor tidak menampilkan apa-apa, cobalah langkah-langkah mengatasi problem ini.

Bagaimana memperbaiki komputer yang menyala tetapi tidak muncul gosip apapun di monitor? klik disini.

Dalam situasi ini, lampu daya akan tetap menyala, Anda mungkin mendengar kipas dalam PC Anda bekerja, dan Anda mungkin mendengar bunyi beep dari komputer.

Situasi ini yaitu situasi paling umum, dan sayangnya ini juga merupakan salah satu hal yang paling sulit untuk diatasi.

5. Komputer Berhenti atau Reboot Terus Menerus Selama POST


Gunakan panduan ini ketika komputer Anda mampu menyala, dan menampilkan sesuatu di monitor, tapi kemudian berhenti, tak ada gerakan, atau reboot berulang-ulang selama Power On Self Test (POST).

Bagaimana mengatasi problem komputer yang berhenti atau reboot terus menerus selama POST? klik disini.

POST pada komputer Anda mungkin terlihat ibarat di screenshot kiri atau sebaliknya mungkin hanya menampilkan logo pembuat komputer Anda.

Penting

Jangan gunakan panduan nomor 5 ini kalau Anda mengalami problem selama pemuatan/loading sistem operasi, yang terjadi sehabis Power On Self Test ini selesai. Untuk mengatasi problem yang terkait Windows, mampu menggunakan panduan mulai dengan nomer 6 di bawah ini.

6. Komputer Mulai Memuat/Loading Windows Tapi berhenti atau Reboot alasannya ialah yaitu Blue Screen


Jika komputer Anda mulai memuat Windows, namun kemudian berhenti dan menampilkan layar biru (Blue Screen) dengan gosip ihwal pesan kesalahan/error maka cobalah langkah-langkah ini. Anda mungkin melihat Windows splash screen sebelum muncul blue screen.

Bagaimana mengatasi problem Blue Screen of Death? klik disini.

Ini jenis kesalahan yang disebut STOP error tetapi lebih sering disebut sebagai Blue Screen of Death atau BSoD. Kesalahan ini yaitu alasan umum mengapa komputer tidak menyala.

Penting

Gunakan panduan ini meskipun kalau BSoD hanya tampil sesaat di layar dan komputer merestart secara otomatis, tanpa memperlihatkan Anda waktu untuk membaca pesan kesalahan/error tersebut.

7. Komputer Mulai Memuat/Loading Windows Tapi Selalu Terhenti atau Reboot Tanpa Pesan Kesalahan/Error


Cobalah langkah-langkah berikut ketika komputer Anda mulai memuat Windows, tapi kemudian berhenti, atau reboot berulang-ulang tanpa menampilkan pesan kesalahan/error apapun.

Bagaimana mengatasi problem komputer yang berhenti, membeku, atau reboot terus menerus selama Startup Windows? klik disini.

Berhenti, atau restart kembali mampu terjadi pada Windows splash screen ibarat yang ditunjukkan oleh gambar di kiri atau bahkan pada layar hitam, dengan atau tanpa adanya kursor berkedip.

Catatan

Jika komputer Anda bermasalah dan Anda melihat Blue Screen selama beberapa detik, Anda mengalami Blue Screen of Death dan harus menggunakan panduan troubleshooting nomer 6 di atas.

Penting

Jika Anda menduga bahwa Power On Self Test masih berlangsung dan bahwa Windows belum memulai untuk loading, panduan yang lebih baik yaitu nomer 5 di atas. Disini kadang-kadang sulit untuk dibedakan.

8. Windows Selalu Kembali ke layar Opsi Boot Lanjutan (Advanced Boot Options)


Gunakan panduan ini apabila ada sajian Boot Advanced Options yang selalu muncul setiap kali Anda me-restart komputer dan tidak satupun dari pilihan tersebut yang berhasil.

Bagaimana mengatasi problem komputer yang selalu berhenti di Boot Advanced Options? klik disini.

Dalam situasi ini, tidak peduli pilihan Safe Mode manapun yang Anda pilih, komputer Anda akhirnya berhenti atau me-restart sendiri, sehabis itu Anda kembali pada sajian Advanced Boot Options tadi.

Ini yaitu cara yang sangat menyebalkan di mana komputer Anda tidak akan menyala alasannya ialah yaitu Anda mencoba untuk menggunakan cara-cara dari Windows untuk merampungkan problem Anda, tetapi solusi mereka tidak ada yang membantu sama sekali.

9. Windows Berhenti atau Reboot Saat atau Setelah Login Screen


Coba panduan mengatasi problem ini ketika komputer Anda menyala, Windows memperlihatkan sajian login, tapi kemudian berhenti, atau reboot ketika itu juga atau setelahnya.

Bagaimana mengatasi problem komputer yang berhenti, atau reboot ketika Login Windows? klik disini.

Terkadang hal ini terjadi ketika komputer booting hingga di login screen, kemudian ketika login, komputer menjadi hang, atau merestart kembali.


10. Komputer Tidak Sepenuhnya Bekerja Karena Ada Sebuah Pesan Kesalahan/Error


Jika komputer Anda menyala tapi kemudian berhenti/macet/hang pada suatu titik, dan menampilkan pesan kesalahan/error, maka gunakan panduan ini.

Bagaimana mengatasi problem pesan kesalahan selama proses startup komputer? baca disini.

Pesan kesalahan/error mungkin muncul pada suatu tahap ketika proses booting pada komputer Anda, termasuk selama POST, ketika pemuatan/loading Windows, atau muncul di sepanjang jalan menuju ke desktop Windows.

Catatan

Satu-satunya pengecualian dalam menggunakan panduan ini yaitu apabila pesan kesalahannya yaitu Blue Screen of Death. Lihat nomer 6 di atas untuk panduan yang lebih baik untuk problem BSoD.

0 Response to "10 Problem Komputer & Solusi Memperbaikinya (Error, Hang, Macet, Atau Tidak Menyala)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel