4 Langah Mengatasi Pesan Error Ketika Startup Komputer

Ini mungkin tampak konyol bahwa disini ditulis satu set arahan untuk "mengatasi problem pesan error" mengingat ribuan macam pesan error yang mungkin muncul dan dilihat oleh pengguna komputer dari saat menghidupkan power sampai saat desktop Anda muncul.

Namun, faktanya, apabila Anda melihat pesan error maka hal tersebut menempatkan Anda dalam kelas korban yang relatif beruntung dalam kaitanya dengan permasalahan komputer. Pesan error memberitahukan tempat spesifik dimana error terjadi, lain halnya dengan gejala yang tidak diketahui penyebabnya mirip layar blank/hitam atau tidak ada power sama sekali.

Penting

Jika komputer anda bermasalah, namun tidak ada pesan error apapun, anda perlu mengunjungi panduan yang lebih umum di Bagaimana Memperbaiki Komputer yang Tidak Menyala.

Langkah 1: Catat Pesan Errornya

Catat dengan detail pesan errornya. Meskipun ini mungkin tampak jelas bagi sebagian orang, menuliskan pesan error secara keseluruhan dan tanpa kesalahan mungkin merupakan hal yang paling penting yang mampu Anda lakukan saat Anda menemukan pesan error saat komputer Anda mulai dinyalakan.


Typo / Salah ejaan pada nama file DLL atau menuliskan abjad yang salah dalam kode STOP, mampu membuat Anda salah dalam memperbaiki file, driver, atau cuilan dari perangkat keras yang bahkan tidak ada sangkut pautnya dengan problem komputer anda.

Langkah 2: Error Umum Windows

Seperti yang telah disebutkan di atas, ada ribuan macam pesan error yang mungkin muncul selama proses startup komputer. Namun, ada beberapa pesan yang lebih sering muncul.


Jika Anda cukup "beruntung" untuk mendapat salah satu dari kesalahan-kesalahan umum ini. Anda tak perlu lagi berkeliling mencari solusinya dan mampu memulai pemecahan problem yang mengakibatkan error tersebut:

Catatan

Pesan error yang Anda lihat tidak harus persis mirip yang tercantum di atas. Misalnya, problem hal.dll disebabkan oleh berbagai macam problem tapi selalu akan menyebutkan hal.dll.

Memiliki error selain dari yang tercantum di atas? Tidak masalah, Anda hanya tidak mengalami salah satu dari pesan error umum windows tersebut. Lanjutkan ke Langkah 3 di bawah ini untuk membantu.

Langkah 3: Kode Error Spesifik Lainnya

Jika saat ini belum tersedia informasi pemecahan problem yang spesifik untuk pesan error, Anda mungkin masih mendapat keuntungan dari sedikit informasi perihal pesan tersebut.


Berikut yakni link ke daftar pesan error yang mungkin Anda lihat:


Anda juga mampu melihat daftar kode error Device Manager dan kode status HTTP tetapi jenis problem yang mengakibatkan error ini bukan jenis yang membuat komputer bermasalah saat startup.

Langkah 4: Mencari di Internet

Jika Anda belum mendapatkannya, Anda juga harus mencoba untuk mencari solusi problem Anda menggunakan mesin pencari favorit Anda.


Cari di mesin pencari mirip Google, Yahoo, Bing, atau mesin percari lainnya. Ada banyak panduan troubleshooting di lebih dari seribu pesan error tertentu yang pernah dialami orang lain, dan kemungkinan memiliki pesan yang sama dengan yang Anda lihat saat menyalakan komputer Anda.

Pesan error saat startup merupakan indikasi suatu problem tertentu. Jadi sangat penting untuk memecahkan problem langsung ke tempat spesifik yang diindikasikan oleh pesan error. Tidak perlu membuang-buang waktu menguji cuilan perangkat keras atau mengganti file yang tidak ada hubungannya dengan problem tersebut.

Penting

Untuk hasil terbaik, string pencarian Anda harus menyertakan pesan error lengkap atau nama file yang merujuk pada pesan tersebut, apabila ada.

Catatan

Apabila anda kesulitan dalam memperbaiki atau mengalami problem spesifik lainnya pada komputer, Anda mampu menyerahkannya kepada sobat atau kolega anda, ataupun ke pusat servis resmi komputer anda, atau Anda mampu menuju ke panduan "Bagaimana Memperbaiki Komputer yang Tidak Menyala" jikalau ingin berusaha sendiri terlebih dahulu.

0 Response to "4 Langah Mengatasi Pesan Error Ketika Startup Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel