#5 Cara Dan Penyebab Sinyal Sering Hilang Pada Android

seiring berjalannya waktu perkembangan dunia teknologi semakin melejut dan meningkat dengan pesat, salah satunya jaringan (sinyal).

Benar yaitu sinyal, dahulu orang berpikir bahwa 3G yaitu yang paling cepat dan lancar dalam dunia internet. namun, sekarang sudah muncul H+ serta keluaran terbaru (4G LTE) yang dapat mengirimkan data secepat mungkin sampai 100mb/s. Ditahun 2016 ini 4G sudah dapat diakses dari berbagai ponsel android terutama smartphone.
tetapi bagaimana? Jika tiba tiba sinyal hilang? Dan bagaimana cara mengatasinya? pertama anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebab sinyal di ponsel anda hilang, berikut ini:

1. Bisa saja Sim Card anda di sudah habis masa aktif
2. Sinyal dikala itu tidak tersedia di kawasan anda
3. Jauh dengan trafo SC yang anda pakai
4. Mungkin Hp anda error alasannya terjatuh
5. Smartphone anda tersetting ke mode hanya mendapat jaringan 3G
6. Sinyal operator naik turun terus atau tidak konsisten
7. Faktor cuaca yang biasanya alasannya hujan yang membuat sinyal menjadi lemah
8. Terjadi kerusakan pada software atau hardware anda
9. Ada aplikasi pihak ketiga yang membuat masalah
10. Sedang dilakukanya pemadaman sinyal oleh operatornya
11. Jangkauan anda sulit terdeteksi oleh signyal (dataran tinggi, tertutupi banyak pohon, dll)

setelah anda tahu penyebabnya mari kita atasi kasus yang sedang anda alami, Berikut cara yang dapat anda lakukan:

1. Masuk Ke Mode Penerbangan

langkah pertama yaitu ubah settingan ke mode penerbangan, tunggu beberapa menit, bertujuan untuk restart smartphone didalam penerimaaan sinyal.

jika anda sudah masuk kome AirPlae tandanya akan hilang icon jaringan dan berganti dengan icon pesawat terbang. Agar jaringan tersetting ke penerbanyak anda pasti sudah tau.

2. Periksa SIM CARD (Buka, bersihkan)

jika belum berhasil coba matikan smartphone android anda dan periksa apakah kartu SIM anda terpasang pada posisi yang benar. Biasanya miring atau kotor, dapat jasi itulah penyebabnya.

selain itu, mematikan ponsel selama beberapa menit juga dapat sekalian untuk memperbaharui ulang jaringan.

3. Mengganti Mode Penerimaan Jaringan

ponsel android sekarang banyak (hampir semua) telah dilengkapi dengan 3 jenis sinyal. diantaranya 2G, 3G, dan 4G LTE. 2G dapat bekerja pada kekuatan sinyal (850/900/1800/1900 MHz), sementara 3G bekerja pada kekuatan sinyal (900/2100 MHz) dan 4G LTE sendiri lebih bekerja di atas 2100MHz.

jika sinyal di kawasan anda hanya mendukung untuk sinyal 850, 1800, dan 1900 MHz saja. Wajar saja kalau sinyal anda hilang alasannya menggunakan 3G yang tidak di dukung.

untuk menggantinya cukup masuk keSettings=>Wireless & Networks=>Mobile Networks=>Network Mode dan sekarang anda dapat melihat pengaturan penerimaan sinyal anda apakah WCDMA Only (HSDPA), GSM Only, atau WCDMA Prefered.

sebaiknya pilih yang GSM only atau WCDMA prefered saja, alasannya mungkin di derah anda sinyal WCDMA atau HSDPA belum di dukung sepenuhnya.

4. Factory Reset

setelah anda sudah mencoba berbagai cara untuk mengatasi sinyal mendadak hilang di ponsel android, namun belum saja tuntas permasalahan yang anda alami.

langkah terakhir yaitu mencoba factory reset, namun hal ini dapat beresiko. maka dari itu sebelum ingin melakukan Factory Reset sebaiknya pertimbangkan dahulu.

untuk melakukan Hard Reset masuk ke Settings=>Backup & Reset=>Factory Data Reset tetapi sebelum itu back up data terlebih dahulu ya mirip game, foto, video, kontak dan file penting lainya.

5. Bengkelkan ke Konter

Jika belum juga berhasil, jaringan belum juga keluar, berarti ponsel android anda mengalami ganguan dalam bidang jaringan. Untuk itu saya sarankan biar titipkan saja hp anda ke konter terdekat.

kenapa Harus konter? Kan banyar, pasti mahal. bukannya trik disini jitu? Pasti dapat selesai kasus yang saya alami.. Begini, memang trik ini dibuat untuk mengatasi kasus dibidang jaringan..

..Namun bagaimana kalau kerusakan yang dialami serius? Atau harus ada yang diganti dengan mesin atau sistem baru, semua cara diatas tidak akan dapat mengatasinya, alasannya panduan diatas hanya mengatasi dari dalam hp, bukan dari luar atau peralatannya. Untuk itu saya sarankan segera dibawa ke konter.

sebenarnya kasus tersebut masih dianggap kompleks (Wajar). Karena hampir semua pengguna android pernah mengalaminya. Sehingga tenang atau santai aja kalau kasus tersebut menimpa anda.

sekian artikel perihal 5 cara mengatasi jaringan signyal android yang tiba tiba hilang. Sampai jumpa


Baca
4 cara memperkuat sinyal 3g 4g di android

0 Response to "#5 Cara Dan Penyebab Sinyal Sering Hilang Pada Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel