Cara Menciptakan & Resep Bolu Kukus Mekar Dengan Air Kelapa Tanpa Soda

Assalamualaikum...
Pada kesempatan Kali ini saya akan membagikan resep bolu kukus mekar tanpa air soda namun saya menggantinya dengan air kelapa dan dengan menambahkan sedikit ragi instan, akan tetapi tanpa melakukan proses fermentasi.

Pas diberitahu resep ini oleh adik saya, saya ingin tau dan ingin pribadi mempraktekannya. Pada gambar di bawah adalah foto jepretan adik saat mampu pesanan bolu kukus mekar, mampu dilihat hasilnya sungguh memuaskan. Agar gak penasaran, Langsung saja dilihat resep bolu kukus mekar tanpa air soda nya.....

Bolu kukus mekar tanpa soda



Resep bolu kukus mekar tanpa air soda

Bahan
  • 250 gr tepung terigu protein sedang (misal terigu segi tiga biru dari boga sari).
  • 2 butir telur ayam utuh
  • 175 ml air kelapa, mampu diganti dengan santan
  • ½ sendok makan sp (cake emusilfer)
  • 1 sendok teh ragi instan
  • 200 gr gula pasir, jikalau ingin manis mampu menambah takaran gula menjadi 250 gr

Cara membuat bolu dengan air kelapa

  1. Siapkan kukusan, beri air secukupnya.
  2. Campur semua materi menjadi satu, tepung terigu, gula pasir, air kelapa, sp, ragi instan, dan telur ayam, kemudian mixer, kocok menjadi satu.
  3. Gunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Mixer gabungan sampai mengembang, putih dan mengental (soft peak).
  4. Panaskan kukusan.
  5. Siapkan cetakan, alasi dengan kertas roti (kertas bolu kukus).
  6. Ambil  ¼ penggalan adonan, taruh dalam wadah terpisah beri warna pink, atau sesuai selera.
  7. Masukkan gabungan yang bewarna putih ke dalam cetakan, kurang lebih sampai 2/3 atau 3/4 cetakan, kemudian tuang gabungan bewarna pink di atas gabungan putih. Lakukan sampai gabungan habis.
  8. Pastikan air kukusan telah mendidih, masukkan adonan.
  9. Kukus selama ± 15 - 20 menit, gunakan api besar dalam mengukus kue. Atur Atur jarak antara bolu kukus satu dengan yang lainnya.
  10. Selama proses pengukusan jangan sekali-kali membuka kukusan, Karena mampu membuat bolu kukus nya tidak mekar sempurna.

Yang mampu membuat bolu kukus mekar tanpa air soda, mampu mekar dengan tepat adalah uap panas maksimal yang terjadi saat proses pengukusan berlangsung dan penggunaan cake emusilfer yang tepat, dalam hal ini saya biasa menggunakan  sp, penggunaan cake emusilfer yang tepat mampu dilihat saat dalam proses mixing/pengocokan adonan, gabungan akan telihat begitu putih dan mengental, jikalau saat dalam proses pengocokan gabungan belum memutih dan mengental kita mampu menambahkan cake emusilfer / sp kedalam gabungan yang sedang kita kocok.

Dalam proses pengocokan bolu kukus mekar hendaklah kita menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi semoga gabungan yang dihasilkan mampu mengembang sempurna. Jika gabungan telah putih dan mengental barulah gabungan tadi kita kukus dengan api besar, yang sebelum gabungan dimasukkan kedalam kukusan, kukusan haruslah sudah dipanaskan terlebih  dahulu dan yang perlu diperhatikan adalah waktu pengukusan haruslah  tepat minimal waktu yang dipergunakan untuk mengukus adalah 15 menit atau lebih dan jangan dibuka-buka saat bolu sedang dikukus, jikalau waktu pengukusan kurang biasanya hal yang terjadi adalah bolu akan turun / mingsep (dalam bahasa jawa) jikalau bolu diangkat dari kukusan. Selain itu jangan terlalu banyak memberi air dalam kukusan, takutnya saat air mendidih, airnya naik dan mengenai bolu kukus nya.

Selamat mencoba bolu kukus mekarnya. Semoga bermanfaat, happy cooking.....

Baca Juga Resep Bolu Karamel dan cara membuatnya


0 Response to "Cara Menciptakan & Resep Bolu Kukus Mekar Dengan Air Kelapa Tanpa Soda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel