Cara Mengatasi Komputer Yang Menyala Namun Berhenti Booting Dikala Post


Saat booting, komputer terhenti selama proses POST, dan tidak mampu melanjutkan ke sistem operasi (windows misalnya), bagaimana mengatasinya?

Kadang-kadang komputer Anda mampu menyala namun menampilkan pesan kesalahan ketika Power On Self Test (POST) dan menghentikan proses boot. Di lain waktu PC Anda mungkin malah berhenti ketika POST tanpa menampilkan pesan kesalahan apapun. POST pada komputer Anda mungkin hanya menampilkan logo produsen komputer Anda.

Ada banyak macam pesan kesalahan BIOS yang mampu ditampilkan pada monitor dan beberapa penyebab mengapa PC berhenti ketika POST, jadi sangat penting kalau Anda membaca pemecahan dilema di bawah ini secara berurutan.

Penting

Jika komputer anda mampu booting menuju ke loading sistem operasi, atau mungkin tidak sampai menampilkan pesan POST / BIOS (atau mungkin logo produsen komputer anda), maka anda mampu menuju ke "Bagaimana Memperbaiki Komputer yang Tidak Menyala" untuk panduan lain yang lebih umum.
Proses ini mampu memakan waktu mulai dari beberapa menit sampai beberapa jam tergantung pada dilema mengapa komputer terhenti ketika POST.

Langkah 1: Terdapat Pesan Error POST / BIOS



Pesan kesalahan ketika POST biasanya sangat spesifik sehingga kalau Anda cukup beruntung untuk menerima pesan tersebut, Anda mampu mencari solusi sesuai pesan kesalahan yang Anda lihat.

Jika dilema Anda belum selesai, Anda selalu mampu kembali ke sini dan melanjutkan membaca warta lainnya di bawah ini.

Langkah 2: Cabut USB Drive atau Keluarkan CD/DVD


Apabila ada, cabut semua USB drive (seperti flash disk atau HDD external), dan keluarkan CD/DVD dari komputer anda.


Jika komputer mencoba melakukan booting dari lokasi yang bersama-sama tidak mempunyai data "boot", komputer mampu berhenti selama POST dan tidak mampu melanjutkan untuk memuat sistem operasi mirip Windows/Linux.

Catatan

Jika cara ini berhasil, maka anda perlu mengubah "boot order". Pastikan bahwa perangkat boot pilihan Anda, mirip hard drive internal, terletak paling awal, sebelum USB, CD/DVD,  atau sumber lain.

Langkah 3: Reset Kembali CMOS


Lakukan reset pada CMOS. Menghapus memori BIOS pada motherboard Anda akan mengembalikan pengaturan BIOS ke pengaturan defaultnya. Sebuah kesalahan konfigurasi pada BIOS mampu menjadi penyebab komputer Anda berhenti di proses POST.


Untuk PC, anda mampu melepas baterai berbentuk bulat yang ada pada motherboard kemudian memasangnya kembali setelah beberapa saat.

Selain itu, apabila anda pernah menggunakan jumper untuk me-reset CMOS, maka gunakan keahlian tersebut sekarang.

Penting

Jika mereset CMOS ternyata mampu merampungkan dilema Anda, pastikan Anda mengetes lagi setiap merubah satu pengaturan pada BIOS. Jadi kalau dilema datang kembali, Anda akan tahu perubahan mana yang menimbulkan dilema Anda.

Langkah 4: Periksa Power Supply


Hanya karena komputer Anda menyala belum berarti bahwa power supply di komputer Anda sudah bekerja dengan baik. Power supply cenderung menimbulkan lebih banyak dilema daripada perangkat keras lainnya dan sangat sering menjadi penyebab komputer tidak bekerja dengan baik. Cobalah cek dengan menggantinya menggunakan power supply dari komputer lain.

Penting

Jangan melewatkan tahap ini! Jangan berpikir bahwa power supply anda tidak bermasalah hanya karena komputer mampu "menyala". Power Supply mampu bekerja dalam berbagai kondisi, dan yang tidak berfungsi sepenuhnya perlu segera diganti.

Langkah 5: Pasang Ulang Semua Komponen Komputer


Cabut semua kabel dan hardware dalam PC anda kemudian pasang kembali. Ada kemungkinan satu atau lebih kabel ataupun hardware telah longgar. Cabut dan pasang kembali hal hal mirip kabel power, kabel data, memori, expansion cards (VGA, sound card, dll), dan lain sebagainya.

Penting


Selain itu, lepas dan pasang kembali kabel keyboard dan mouse juga. Kecil kemungkinan hal ini menjadi penyebab permasalahan, tapi kita tidak boleh mengabaikannya ketika memasang ulang semua komponen komputer.

Langkah 6: Pasang Ulang CPU


Jika solusi diatas masih tidak membuahkan hasil, lepaskan kemudian pasang kembali CPU jika ada dugaan bahwa mungkin telah longgar atau mungkin belum terpasang dengan benar.

Catatan

Kemungkinan pemasangan CPU tidak benar atau longgar sangatlah kecil dan karena pemasangannya merupakan kiprah yang sensitif. Sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir ihwal hal ini, karena biasanya sensor pada CPU sangat sensitif, dan akan segera memberi warta apabila ada ketidaksesuaian dalam pemasangan.

Langkah 7: Periksa Konfigurasi Hardware


Periksa kembali setiap konfigurasi hardware kalau Anda merasa dilema ini muncul setelah komputer gres dirakit atau setelah pemasangan hardware baru. Periksa setiap jumper dan DIP switch, pastikan bahwa CPU, memori, dan video card yang Anda gunakan kompatibel dengan motherboard Anda, dll. Rakit kembali PC Anda dari awal kalau diperlukan.

Penting

Jangan berasumsi bahwa motherboard anda mendukung pemasangan hardware tertentu. Periksa manual motherboard Anda untuk memastikan hardware yang Anda beli cocok dan bekerja dengan baik pada PC anda.

Catatan

Jika Anda tidak merasa membangun PC Anda sendiri (dalam hal ini anda sudah membeli jadi / pre-built) atau tidak membuat perubahan pada hardware maka anda mampu melewati langkah ini sepenuhnya.

Langkah 8: Periksa Adanya Korsleting


Periksa apakah ada korsleting listrik di dalam komputer Anda. Hal ini sangat sering menjadi penyebab masalah-masalah umum komputer. Khususnya kalau tidak ada pesan error pada BIOS / ketika POST.

Penting

Sangat, sangat penting bahwa Anda harus meluangkan waktu untuk mengusut pecahan dalam komputer Anda untuk mencari sesuatu yang mampu menimbulkan korslet. Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk memecahkan dilema ini, Anda mungkin akan berakhir dengan penggantian hardware mahal tanpa alasan yang bagus.

Korsleting listrik di dalam komputer sering disebabkan oleh sekrup, dalam kasus ini mungkin ada kontak fisik dengan logam pada motherboard atau komponen internal lainnya. Sekrup yang digunakan untuk mengamankan hampir setiap komponen pecahan dalam kasus termasuk kartu video, kartu suara, hard drive, drive optik, dll. Goyang-goyangkan PC Anda, kalau ada bunyi gemeretak kemungkinan ada sekrup yang telah lepas, gunakan obeng yang kecil dan agak panjang untuk membantu mengeluarkannya.

Korsleting listrik di dalam komputer kadang kala juga disebabkan oleh kabel yang telah kehilangan lapisan pelindung mereka dan membuat kontak fisik dengan komponen internal.

Langkah 9: Gunakan Minimum Hardware


Nyalakan PC Anda dengan hardware yang paling penting saja. Tujuan di sini ialah untuk sementara melepaskan hardware sebanyak mungkin namun tetap mempertahankan komputer supaya mampu menyala dengan benar.
  • Jika komputer Anda mampu bekerja dengan baik dan berhasil melewati POST, dengan hardware penting saja, lanjutkan ke Langkah 10.
  • Jika komputer masih tidak mampu bekerja dengan sempurna, lanjutkan ke Langkah 11.

Penting

Langkah ini cukup praktis bagi siapa saja, tidak perlu alat khusus, dan mampu mengatakan banyak warta yang sangat berharga. Langkah ini tidak boleh dilewati apabila setelah mencoba semua langkah sebelumnya, komputer masih tidak mampu bekerja dengan sempurna.

Langkah 10: Periksa Hardware Tambahan


Ketika hardware yang paling penting telah terpasang dan tidak ada masalah. Lanjutkan dengan memasang kembali setiap hardware embel-embel yang lain. Uji kembali komputer anda (nyalakan kembali) di setiap pemasangan satu hardware, untuk mengusut apakah setiap hardware yang dipasang bermasalah atau tidak.


Karena PC Anda dinyalakan hanya dengan hardware terpenting, komponen-komponen tersebut bekerja dengan benar. Ini berarti bahwa salah satu hardware embel-embel yang dilepaslah yang menimbulkan komputer bermasalah. Dengan memasang hardware tersebut ke komputer Anda dan melakukan pengujian setelah setiap pemasangan satu hardware, Anda akan menemukan hardware yang menimbulkan dilema Anda. Setelah anda menemukannya, ganti hardware yang bermasalah tersebut dengan yang gres atau yang masih bekerja.

Langkah 11: Gunakan PC Analyzer / Power On Self Test card


Uji PC menggunakan PC Analyzer / Power On Self Test card. Jika komputer Anda tetap berhenti di POST, meski hanya dengan hardware yang penting saja, POST card akan membantu mengidentifikasi hardware mana yang bermasalah.


Harga sebuah POST card sangatlah terjangkau. Namun, kalau Anda tidak memilikinya dan tidak ada keinginan membeli POST card, lanjutkan ke Langkah 12.

Langkah 12: Periksa Hardware Minimum


Ganti setiap hardware dalam komputer anda satu persatu dengan hardware yang sama atau setara namun yang telah "diketahui kondisinya masih bagus". Lakukan pengetesan setiap penggantian satu komponen, untuk mengetahui hardware mana yang bermasalah.

Catatan

Sebagian besar pengguna komputer tidak mempunyai koleksi suku cadang komputer. Saran saya ialah kembali ke Langkah 11. Harga PC Analyzer / POST card tidaklah mahal dan merupakan pendekatan yang paling masuk nalar daripada membeli semua persediaan suku cadang komputer.

Langkah 13: Bantuan Profesional


Terakhir, kalau semuanya gagal, Anda mungkin perlu mencari proteksi profesional di pusat servis komputer atau dari servis resmi produsen komputer Anda.


Sayangnya, tanpa POST card dan juga tanpa suku cadang pengganti, Anda tidak akan tahu hardware mana yang bermasalah. Dalam kasus ini Anda mempunyai sedikit pilihan selain mengandalkan individu atau perusahaan yang mempunyai sumber daya tersebut.

Secara Teori, Setelah langkah terakhir dilakukan, komputer anda seharusnya sudah mampu berfungsi kembali.


Catatan

Apabila anda mengalami dilema spesifik lainnya pada komputer, Anda mampu menuju ke panduan "Bagaimana Memperbaiki Komputer yang Tidak Menyala" kalau ingin berusaha sendiri terlebih dahulu.

_________________
- Oleh Tim Fisher, About.com Guide, kini menjadi Lifewire

0 Response to "Cara Mengatasi Komputer Yang Menyala Namun Berhenti Booting Dikala Post"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel