5 Pola Surat Lamaran Pekerjaan Dengan Bahasa Penulisan Baik

5+ Contoh Surat Lamaran Kerja Lengkap - Menulis surat lamaran kerja mampu dikatakan sebagai peran yang sangat menantang. Namun, jikalau Anda mengambil langkah keputusan untuk membuatnya, saya yakin akan segera selesai dalam menulis surat lamaran kerja ini, sehingga anda mampu mengirim surat kerja bersama dengan resume anda. Surat lamaran kerja yang telah anda kirim ke perusahaan yang ingin anda lamar, tentunya anda harus berfikir keras dan harus menjelaskan wacana profil anda, supaya mampu memenuhi syarat untuk posisi tersebut dan terus melakukan wawancara kerja.

Format Penulisan Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja 

Bingung dengan semua persyaratan format dan organisasi perusahaan yang akan anda tuju? Gunakan warta pemformatan ini sebagai anutan dikala menulis surat aplikasi yang diadaptasi , sehingga Anda tahu warta apa yang sedang dicari oleh pemilik perusahaan.

Salah satu cara untuk mempermudah proses penulisan surat lamaran pekerjaan adalah menggunakan template surat lamaran kerja untuk membuat surat lamaran kerja pribadi sebagai syarat melamar pekerjaan.

Memiliki template mampu membantu menghemat waktu Anda jikalau Anda mengirim banyak beberapa conroh surat lamaran kerja. Pastikan setiap abjad yang Anda kirim dipersonalisasi ke perusahaan dan posisinya, berikut ini teladan surat lamaran pekerjaan.

                                                                         Tempat, Tanggal Pengiriman




Kontak informasi

Nama                  :
Alamat                :
Nomor telepon  :
Alamat email     :
Tanggal               :


Informasi kontak Pemilik Perusahaan (jika Anda memilikinya )

Nama             :
Judul              :
Perusahaan   :
Alamat           :

Salam

Kepada Bapak / Ibu Pimpinan Nama Terakhir, (tinggalkan jikalau Anda tidak mempunyai kontak)

Badan Surat Permohonan Kerja

Badan surat lamaran Anda memberi tahu majikan wacana posisi Anda dikala ini, mengapa pemimpin perusahaan harus memilih Anda untuk wawancara, dan bagaimana Anda akan menindaklanjutinya. Lihat di bawah untuk rincian paragraf demi paragraf dari badan surat tersebut.

Paragraf pertama

Paragraf pertama surat Anda harus menyertakan warta mengapa Anda menulis. Sebutkan pekerjaan yang Anda lamar dan di mana Anda menemukan daftar pekerjaan. Sertakan nama kontak timbal balik, jikalau Anda memilikinya. Anda mampu menyimpulkan dengan singkat dan ringkasnya mengapa Anda menganggap Anda kandidat ideal untuk pekerjaan itu.

Paragraf Tengah

Bagian selanjutnya dari surat lamaran Anda harus menjelaskan apa yang Anda tawarkan pada atasan. Ini mampu menjadi satu paragraf tunggal, atau Anda mampu memecahnya menjadi beberapa paragraf. Jika kepingan ini semakin panjang, Anda mampu menggunakan titik-titik peluru untuk memecah teks. Ingat, Anda menafsirkan resume Anda, bukan mengulanginya.

Sebutkan secara khusus bagaimana kualifikasi Anda sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Di kepingan surat ini, buat kasus Anda untuk pencalonan Anda. Ini mampu membantu meluangkan waktu untuk meneliti perusahaan – dikala Anda tahu banyak wacana perusahaan, ada baiknya Anda membuat argumen yang diinformasikan dan meyakinkan untuk pencalonan Anda.

Gunakan teladan spesifik bila memungkinkan. Misalnya, jikalau Anda memberikan bahwa Anda mempunyai banyak pengalaman bekerja dengan sukses dalam proyek tim, berikan teladan dikala Anda bekerja dalam sebuah kelompok dan mencapai kesuksesan.

Paragraf terakhir

Simpulkan surat lamaran kerja Anda dengan mengucapkan terima kasih kepada atasan lantaran sudah mempertimbangkan posisi Anda. Sertakan warta wacana bagaimana Anda akan menindak lanjuti.



                   Hormat kami,

Tanda tangan (untuk surat yang dikirim)

                 Nama Pengirim

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh Surat Lamaran Kerja Berbagai Intansi

Tinjau surat lamaran kerja teladan ini dan editlah untuk membuatnya sendiri, sesuai dengan kebutuhan dalam penulisan yang anda inginkan. Sesuaikan setiap surat yang Anda kirim. Jangan lupa untuk ikut sertakan warta wacana keahlian dan pengalaman Anda yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Surat Anda harus menunjukkan kepada manajer perekrutan, sekilas, mengapa Anda adalah kandidat yang baik utnuk mampu diterima diperusahaan yang anda lamar. Jelajahi teladan surat lamaran kerja berikut untuk membantu Anda memulai menulis surat Anda sendiri, sebagai syarat yang perlu dipenuhi untuk mendaftar pekerjaan.

5+ Contoh Format Surat Lamaran Kerja Dengan Bahasa Yang Baik & Benar


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Pengalaman Magang


Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja Pengalaman Magang
Surabaya, 24 Oktober 2010

Yth. Manager HRD

PT Indah Jaya

Sukabumi



Perkenalkan saya Larasati Kartika, lulusan S1 Jurusan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Merdeka Jaya. Adapun Indeks Prestasi Kumulatif saya adalah 3.52.

Pengalaman kerja yang pernah dilakukan, saya pernah magang di PT Maju Jaya di produksi. Saya mempunyai beberapa keahlian, diantaranya food technology, analis mikrobiologi, food processing, dan lain sebagainya.

Adapun training yang pernah saya ikuti, diantaranya ISO22000/HACCP/FSSC, Sistem Manajemen Halal, dan K3. Berdasarkan kualifikasi dan pengalaman, saya tertarik untuk melamar pekerjaan di PT Indah Jaya pada posisi Research and Development. Saya yakin pengalaman dan keahlian saya sesuai dengan perusahaan Anda.

Terimakasih atas perhatiannya, besar harapan saya untuk mendapatkan balasan dari Anda.



Hormat Saya,

Larasati Kartika

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

2. Contoh Surat Lamaran Kerja Sederhana Untuk Perusahaan


Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja Sederhana Untuk Perusahaan
Yogyakarta, 6 Maret 2011

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth. HRD PT. ABC Indonesia

Di Tangerang



Dengan hormat,

Dengan ini saya tertarik dan berinisiatif untuk melamar pekerjaan di PT. ABC Indonesia. Oleh alasannya adalah itu melalui surat lamaran pekerjaan ini, saya mengajukan diri agar mampu bergabung alasannya adalah saya mempunyai keahlian diperlukan oleh perusahaan.



Dengan ini, saya lampirkan data singkat saya:

  Contoh Surat Keterangan Kerja
Nama: Aqilah Hasanah

Alamat: Jl. Merpati no. 76 Indah Regency, Solo

Pendidikan terakhir: S1 Biologi

No. handphone: 08996071065

 Sebagai bertimbangan Bapak/Ibu, saya lampirkan berkas pendukung kualifikasi saya:

  • Curiculum Vitae
  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
  • Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)
  • Pas foto 4×6 berwarna (1 lembar)
  • Foto kopi ijazah terakhir
  • Foto kopi transkrip nilai
  • Sertifikat pendukung

Demikian surat lamaran pekerjaan ini, besar harapan saya untuk mampu bergabung di perusahaan Anda. atas perhatiannya, saya sampaikan terimakasih.



Hormat saya,

Aqilah Hasanah


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

3. Contoh Surat Lamaran Apoteker


Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Apoteker
Bekasi, 5 Agustus 2017

Yth. Manager Personalia

Rumah Sakit Bhakti Husada

Bekasi

Perihal: Lamaran Pekerjaan

 Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Andini Arta Fani

Tempat, Tanggal Lahir: Bekasi, 20 Januari 1993

Pendidikan Terakhir: S1 Fakultas Farmasi Universitas Prabujaya

No. Hp: 081234578923



Melalui surat lamaran pekerjaan ini, saya sampaikan bahwa saya tertarik untuk menjadi karyawan di Rumah Sakit Bhakti Husada pada posisi Apoteker. Saya merupakan apoteker lulusan Fakultas Farmasi Universitas Prabujaya tahun 2016 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,72. Saya juga mempunyai pengalaman sebagai apoteker di salah satu Rumah Sakit di Jakarta Selatan.

Berikut saya lampirkan beberapa berkas yang mendukung kualifikasi saya untuk melamar di posisi ini:

  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Foto kopi ijazah kuliah
  • Foto kopi transkrip akademik
  • Foto kpi STRTTK
  • Foto kopi sertifikat pengalaman kerja RS. Kruing
  • Pas foto 4×6
  • Sertifikat prestasi dan pelatihan

Demikina surat lamaran pekerjaan ini. dengan pengalaman kerja dan keahlian saya, besar harapan saya untuk mampu berganung di Rumah Sakit Bhakti Husada, Bekasi. Atas perhatiannya, saya sampaikan terimakasih.



Hormat Saya,

Andini Arta Fani

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

4. Contoh Surat Lamaran Kerja pramuniaga


Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja pramuniaga
Surabaya, 30 Mei 2018

Perihal: Permohonan Lamaran Pekerjaan Pramuniaga

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan

Andi Mart

Surabaya



Dengan hormat,

Melalui surat lamaran pekerjaan ini, saya mengajukan permohonan untuk mampu bergabung di PT. Andi Mart sebagai pramuniaga. Saya mempunyai kriteria yang sesuai dengan yang diperlukan dan tertera di poster lowongan pekerjaan PT. Andi Mart.

Dengan ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Ester Andira

Alamat: Jl. Mengkudu No. 170, Perumahan Griya Mandiri, Surabaya

Pendidikan terakhir: SMA Negeri 2 Kraksan

No. Telepon: 087569345672



Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, bersama ini saya lampirkan berkas-berkas yang mampu mendukung kualifikasi saya, diantaranya:

  • Daftar riwayat hidup
  • Pas foto 4×6 berwarna
  • Foto kopi ijazah sekolah
  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
  • Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)

Demikian suar lamaran pekerjaan yang telah saya buat. Besar harapan saya untuk mampu bergabung di PT. Andi Mart. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terimakasih.



Hormat Saya,

Ester Andira

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

5. Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan


Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan
Malang, 20 Oktober 2018

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Manager HRD

Matahari Store

Di Tempat



Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang saya dapatkan di media sosial instagram, saya tertarik untuk melamar pekerjaan sebagai pramuniaga di matahari Store. Selain itu, saya juga mempunyai kualifikasi mirip yang telah disebutkan di iklan lowongan pekerjaan tersebut.

Berikut saya cantumkan data singkat saya:

Nama: Ihsan Tri Laksana

Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 23 Maret 1994

Jenis Kelamin: Laki-laki

Agama: Islam

Pendidikan Terakhir: SMA Negeri 2 Batu, Malang

Alamat: Jl. Ir. Soepomo No. 72 Malang

No. Hp: 085608745633



Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang mendukung kualifikasi saya, diantaranya:


  • Daftar riwayat hidup
  • Pas foto 4×6 berwarna
  • Foto kopi ijazah sekolah
  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
  • Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)

Demikian surat lamaran pekerjaan yang telah saya buat ini. saya mempunyai motovasi yang besar untuk menjadi kepingan dari Matahari Store. Atas perhatiannya, saya sampaikan terimakasih.



Hormat Saya,

Ihsan Tri Laksana


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

6. Contoh Surat Lamaran Kerja Melalui Email


Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja Melalui Email
Kepada: (diisi alamat email instansi yang dilamar)

Subyek: (biasanya terdapat keterangan di info lowongan kerja, mirip “Kode posisi (Nama)”

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Pimpinan Personalia

PT Indotextil Abadi

Malang



Dengan hormat,

Berdasarkan warta lowongan pekerjaan yang telah saya dapatkan di Surat Kabar, tertera bahwa PT Indotextil Abadi sedang membutuhkan karyawan di posisi Admin Maintenance. Untuk itu, saya mengajukan diri mengisi posisi tersebut dan mampu bergabung di perusahaan Anda.



Berikut mengenai data singkat saya,

Nama: Ardi Dwi Andrianto

Tempat, Tangga Lahir: Surabaya, 14 November 1995

Pendidikan Terakhir: D3 Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang

Agama: Islam

Alamat: Jl. Teratai Asri No. 23 Surabaya

No. Telepon: 086675789567

Saya mempunyai pengalaman menjadi teknisi di PT. XYZ selama 1 tahun. Dengan pengalaman tersebut saya harap kualifikasi saya sesuai dengan yang diperlukan oleh perusahaan.


Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan berkas yang mendukung kualifikasi saya:

  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Foto kopi ijazah kuliah
  • Foto kopi transkrip akademik
  • Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)
  • Pas foto 4×6
  • Sertifikat prestasi dan pelatihan

Demikian surat lamaran pekerjaan ini. besar harapan saya untuk mampu diterima dan bergabung di PT Indotextil Abadi. Atas perhatiannya, saya sampaikan terimakasih.



Hormat Saya,

Ardi Dwi Andrianto

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

7. Contoh Surat Lamaran Kerja Di Hotel


Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja Di Hotel
Sidoarjo, 4 Desember 2017

Hal: lamaran Pekerjaan

Yth. HRD Manager

Hotel Luxury Inn

Sidoarjo



Dengan hormat,

Melalui surat lamaran pekerjaan ini, saya hendak mengajukan untuk melamar kerja sebagai Helper di Hotel Luxury Inn, Sidoarjo. Adapun pengalaman kerja saya adalah saya pernah menjadi helper di salah satu hotel di Jakarta.



Berikut merupakan data singkat saya,

Nama: Anita Wilona

Tempat, Tangga Lahir: Sidoarjo, 14 November 1995

Pendidikan Terakhir: SMK Perhotelan

Agama: Islam

Alamat: Jl. Teratai Indah No. 23 Surabaya

No. Telepon: 086675789568



Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan beberapa berkas yang mendukung kualifikasi saya:


  • Daftar riwayat hidup
  • Pas foto 4×6 berwarna
  • Foto kopi ijazah sekolah
  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
  • Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)

Demikian surat lamaran pekerjaan ini. saya berharap mampu bergabung dan menjadi karyawan di Hotel Luxurry Inn, Sidoarjo. Atas perhatiannya, saya sampaikan terimakasih.



Hormat Saya,

Anita Wilona

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

8. Contoh Surat Lamaran Kerja Perbankan


Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja Perbankan
Bojonegoro, 4 April 2018

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth. HRD Bank BRI Cabang Bojonegoro

Jl. Kelud No. 7



Dengan hormat,

Berdasarkan warta lowongan pekerjaan yang tertera di Bank BRI, saya hendak mengajukan diri untuk melamar pekerjaan. Berikut saya cantumkan data singkat saya:



Nama: Rini Astuti

Tempat, Tangga Lahir: Bojonegoro, 14 November 1995

Pendidikan Terakhir: S1 Ekonomi Syariah

Agama: Islam

Alamat: Jl. Teratai Indah No. 23 Bojonegoro

No. Telepon: 086675789566



Saya mempunyai keinginan untuk bergabung di Bank BRI dan menempati posisi sebagai Teller. Selain itu, saya juga mempunyai pengalaman sebagai Teller di salah satu bank di Surabaya selama 1 tahun.  Berikut saya lampirkan beberapa berkas yang mendukung kualifikasi saya:

  • Daftar riwayat hidup
  • Pas foto 4×6 berwarna
  • Foto kopi ijazah kuliah
  • Foto kopi transkrip akademik
  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
  • Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)
  • Sertifikat prestasi
  •   Contoh Surat Rekomendasi

Demikian surat lamaran pekerjaan yang telah saya buat. Besar harapan saya untuk diterima menjadi kepingan dari Bank BRI ini. atas perhatiannya, saya sampaikan terimakasih.



Hormat Saya,

Rini Astuti

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

9. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja Umum
Gresik, 25 Juni 2017

Yth. Pimpinan Personalia

Untung Jaya



Surabaya



Dengan hormat,

Melalui surat lamaran pekerjaan ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan di PT. Untung Jaya. Adapun posisi yang hendak saya lamar adalah pada kepingan Staff Marketing.

Oleh alasannya adalah itu, perkenankan saya untuk memberikan data singkat saya:

Nama: Willy Pradana

Tempat, Tangga Lahir: Gresik, 14 Oktober 1995

Pendidikan Terakhir: S1 Management

Agama: Islam

Alamat: Jl. Kyai Marzuki No.54 Gresik

No. Telepon: 086675789566



Saya mempunyai pengalaman sebagai staff marketing di salah satu perusahaan di Bogor selama 1 tahun. Untuk mendukung kualifikasi saya, berikut saya lampirkan berkas-berkas, diantaranya:

  • Daftar riwayat hidup
  • Pas foto 4×6 berwarna
  • Foto kopi ijazah kuliah
  • Foto kopi transkrip akademik
  • Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
  • Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)
  • Sertifikat prestasi

Demikian surat lamaran pekerjaan yang telah saya buat. Besar harapan saya untuk diterima menjadi kepingan dari Bank BRI ini. atas perhatiannya, saya sampaikan terimakasih.



Hormat Saya,

Willy Pradana

 ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

10. Contoh Surat Lamaran Kerja Di Bidang Pendidikan


Contoh Surat Lamaran Kerja
Surat Lamaran Kerja Di Bidang Pendidikan
Ponorogo, 23 Maret 2018

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Yth. Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Ponorogo

Di Tempat



Dengan hormat,

Dengan ini saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan menjadi tenaga pendidik di SMA Negeri 1 Ponorogo. Oleh alasannya adalah itu, perkenankanlah saya memberikan data diri secara singkat:

Nama: Yahya Majid

Tempat, Tangga Lahir: ponorogo, 14 Oktober 1993

Jenis Kelamin: Laki-laki

Pendidikan Terakhir: S1 Pendidikan Agama Islam

Agama: Islam

Alamat: Jl. Sentono No. 34 Ponorogo

No. Telepon: 086675789566

Berdasarkan keterangan yang telah saya tulis, saya mempunyai motivasi yang besar untuk menjadi seorang guru Agama Islam di SMA Negeri 1 Ponorogo yang Bapak/Ibu pimpin sekarang ini.



Sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, tak lupa saya lampirkan beberapa berkas yang mendukung kualifikasi saya, diantaranya:

Daftar riwayat hidup
Pas foto 4×6 berwarna
Foto kopi ijazah kuliah
Foto kopi transkrip akademik
Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Foto kopi Kartu Keluarga (KK)
Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)
Sertifikat prestasi yang pernah diraih
Demikian surat lamaran pekerjaan ini. Besar harapan saya untuk mampu bergabung dan berkontribusi untuk menjadi seorang guru di SMA Negeri 1 Ponorogo. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya sampaikan terimakasih.



Hormat Saya

Yahya Majid




Demikian 10 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Berbagai Bidang semoga bermanfaat

0 Response to "5 Pola Surat Lamaran Pekerjaan Dengan Bahasa Penulisan Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel