Cara Mengatasi Sp Flash Tool Brom Error S_Chksum_Error (1041)

S_CHKSUM_ERROR (1041) yang terjadi pada SP Flash Tool ialah disebabkan oleh firmware atau stock rom yang bermasalah.
Kasus yang pernah alezof alami dikala flashing handphone menggunakan software SP Flash Tool yang memunculkan BROM ERROR: S_CHKSUM_ERROR (1041) ialah karena firmware yang didownload mengalami corrupt dan duduk kasus CHKSUM_ERROR atau checksum error ini sudah dua kali alezof alami ialah dikala memperbaiki handphone Evercoss A7F dan juga Advan S5E New.

 yang terjadi pada SP Flash Tool ialah disebabkan oleh firmware atau stock rom yang berma Cara Mengatasi SP Flash Tool Brom Error S_CHKSUM_ERROR (1041)

Checksum error pada firmware Evercoss

Saat itu alezof sedang mencoba memperbaiki handphone Evercoss A7F error yang disebabkan oleh malware dengan indikasi ialah handphone tersebut menginstal aplikasi dari Play Store secara otomatis, lalu seluruh system Android lumpuh yang ditandai dengan pemberitahuan sayangnya com.android.*** telah berhenti, com.google.*** telah berhenti dan lain sebagainya hingga hasilnya handphone itu pun softbrick hanya stuck di logo dan tak sanggup untuk melakukan reboot.

(alezof tidak sanggup memberikan tutorial cara flashing handphone Evercoss tersebut dikarenakan tak ada screenshot)

Dengan maksud ingin menerima firmware Jelly Bean Original untuk Evercoss maka alezof mencari firmware tersebut di situs resmi Evercoss, tapi ternyata hasilnya diluar ekspektasi karena tak ada file firmware Jelly Bean OS disana dan file firmware yang tersedia untuk Evercoss A7F hanya ada satu ialah KitKat OS.
(kamu boleh coba sendiri cari firmware Jelly Bean OS untuk Evercoss A7F di situs resmi Evercoss, kalo dulu sih gak ada)

Karena tak menemukan firmware Original Jelly Bean bahkan di blog lain pun, maka dengan terpaksa alezof harus mendownload firmware KitKat tersebut.
Keanehan muncul dikala file rar mulai diekstrak, winrar memunculkan pemberitahuan bahwa paket rar tersebut CORRUPT dan saat dicoba untuk flashing, hasilnya sangat luar biasa ialah BROM ERROR:S_CHKSUM_ERROR (1041) alias GAGAL.

Apakah handphone menjadi deadboot/mati total?

Tidak, handphone baik-baik saja dan masih dalam keadaan softbrick stuck di logo, walaupun di beberapa forum memberikan bahwa jikalau melakukan flashing menggunakan firmware corrupt akan menyebabkan simpulan hidup handphone dengan kerusakan EMMC (mungkin hanya berlaku untuk sebagian handphone tergantung pada produk/merk EMMC yang digunakan).

Sempat putus asa juga jikalau tak menemukan firmware yang dibutuhkan, banyak blog yang share firmware tersebut tapi isi linknya kosong hingga hasilnya proses perbaikan memakan waktu kurang lebih 2 minggu.

Setelah sekian lama mencari dan hampir setiap hari menghabiskan waktu untuk mencari firmware dengan berganti-ganti browser dan perangkat dari mulai handphone hingga komputer (trik kalo kau cari sesuatu di internet tak ketemu, coba cari di browser lain dengan mesin pencarian yang berbeda ataupun menggunakan perangkat lain) hasilnya ada salah satu tutorial di Youtube yang menyertakan link download firmware Original Jelly Bean untuk Evercoss A7F didalam deskripsi videonya.
Setelah didownload lalu file tersebut diekstrak dan winrar tak menampilkan error apapun hingga hasilnya saat dipakai untuk flashing maka hasilnya SUKSES, handphone Evercoss A7F normal kembali.

Checksum error pada firmware Advan S5E New

Beda halnya dikala alezof melakukan flashing terhadap handphone Advan S5E New yang mengalami duduk kasus pada partisi sistem yang corrupt.
Sebenarnya firmware yang dipakai baik-baik saja akan tetapi tidak cocok dengan perangkat yang akan diflash karena handphone Advan S5E New ini ternyata telah menggunakan custom rom Color OS versi 2 yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk handphone QMobile A900 dan juga untuk Gionee Elife E3 lalu custom rom ini pun dimodifikasi lagi pada sebagian partisi supaya sanggup diinstal di handphone Advan S5E New meskipun banyak bug yang muncul setelah custom rom diinstal.

Bug tersebut hasilnya menyebabkan sistem rusak hingga harus diflash, dan ibarat yang terlihat pada gambar diatas menunjukkan SP Flash Tool memunculkan BROM ERROR:S_CHKSUM_ERROR (1041) karena SP Flash Tool mendapati bahwa firmware original Advan S5E New tidak cocok dengan handphone Advan S5E New karena ternyata setelah dicek menggunakan software Miracle, handphone Advan S5E New tersebut terbaca sebagai QMobile A900 ibarat yang tampak pada gambar dibawah.
 yang terjadi pada SP Flash Tool ialah disebabkan oleh firmware atau stock rom yang berma Cara Mengatasi SP Flash Tool Brom Error S_CHKSUM_ERROR (1041)
Read Info

Kesimpulan

Makara pada dilema flashing yang dialami oleh alezof, BROM ERROR: S_CHKSUM_ERROR (1041) yang terjadi pada SP Flash Tool ialah disebabkan oleh firmware yang bermasalah karena setelah mengganti firmware, tak ada lagi error tersebut bahkan proses flashing pun berhasil.
Kemungkinan lain ialah error tersebut sanggup juga disebabkan karena firmware yang tidak kompatibel atau tidak cocok ibarat teladan diatas dan yang pasti jikalau kau mengalami error ibarat ini dikala proses flashing, maka utamakan untuk mengecek terlebih dahulu firmware yang akan dipakai untuk proses flashing.
Berdasarkan namanya S_CHKSUM_ERROR, software SP Flash Tool memperingatkan pengguna bahwa S_CHKSUM yang berarti checksum mengalami masalah.

Pengertian checksum secara sederhana

Check : memeriksa

Sum : jumlah/hitungan

Dalam pengertian sederhana, checksum berarti menyidik jumlah/hitungan yang khusus disediakan oleh pembuat paket (rar atau zip dsb) untuk menghitung secara otomatis jumlah byte yang membentuk file-file yang terdapat dalam paket.
Karena paket yang didownload dan ataupun diupload dalam jaringan internet sanggup saja mengalami pengurangan byte yang disebabkan oleh banyak sekali hal yang tidak disengaja, misalnya kita mendownload file tersebut dengan software downloader yang cepat.
Atau jikalau belajar dari kesalahan alezof dikala mendownload file ialah karena jaringan yang tidak stabil sehingga proses download mengalami kemacetan dan karenanya saat proses download berlangsung sering dilakukan pause dan resume download.

Untuk itu bilamana kau mengalami S_CHKSUM_ERROR (1041) dikala proses flashing maka solusinya ialah mengganti firmware yang bermasalah dengan firmware yang baru.
Atau
Menurut informasi dari seorang member dari salah satu forum handphone menyarankan untuk memindahkan salah satu dari dua file checksum yang biasanya ada didalam paket firmware ke folder lain diluar folder firmware, dua file tersebut ialah checksum.ini dan checksum.gen dan kau harus pilih salah satu, jikalau gagal maka pilih yang satunya lagi.

Semoga berhasil

©2017 aLezof

0 Response to "Cara Mengatasi Sp Flash Tool Brom Error S_Chksum_Error (1041)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel