6 Tool Seo Mengoptimalkan Suatu Website/Blog

Ingin Seo Website Anda ? Bagi Anda yang ingin melakukan sendiri SEO website atau online shop Anda, maka ada banyak alat bantu (tools) yang mampu Anda gunakan untuk memudahkan proses SEO yang dilakukan, baik yang gratis ataupun yang berbayar. Inilah  6 tool SEO yang setidak-tidaknya harus Anda gunakan semoga hasil meningkatkan secara optimal lebih maksimal: Baca Cara Menjadi Blogger Yang Sukses Mampu Menghasilkan Uang Dari Blog dan Baca Juga Definisi Dan Pengertian Apa Itu SEO ? Search Engine Optimization
20 tips Mengoptimasi SEO Blog/Website Agar Mendapat Rangking Google

Faktor SEO Untuk Mempercepat Loading Website/Blog

1. Google Search Console (GSC)
Dulunya bernama Google Webmaster Tool(GWT), tool gratis yang disediakan pribadi oleh Google ini sangat penting dalam menilik “kesehatan” website Anda dan melaksanakan fungsi on-page SEO lainnya, misal: Baca Cara Mendaftar Blog di Google Webmaster
  • Apakah ada malware
  • Apakah Google mengalami kendala dalam crawling dan index website Anda
  • Apakah ada pelanggaran aturan Google (penalty) dikala melaksanakan link building
  • Hal-hal yang mampu disempurnakan dalam meningkatkan secara optimal meta tag
  • Apakah sitemap sudah dipasang dengan benar atau masih ada error
  • Untuk menghilangkan website Anda dari hasil search Google
  • Untuk menerima notifikasi dari tim Google (terutama bila ada manual penalty)
  • Untuk mengetahui website apa saja yang melaksanakan backlink ke website Anda
  • Dan masih banyak lagi kegunaan Google Search Console ini
Cara Pakai:
Untuk menggunakannya Anda harus memiliki akses Gmail terlebih dahulu. Jika sudah punya, Anda mampu pribadi login diwww.google.com/webmasters. Setelah itu Anda harus melaksanakan validasi terlebih dahulu, yaitu memasukkan script yang di-generate oleh GSC ke HTML website Anda, tujuannya untuk memastikan bahwa benar website tersebut ialah website milik Anda/ yang Anda kelola. Baca Cara Mengoptimalkan Konten Blog Untuk Algoritma Google Mobile Terbaru

2. Google Analytics

Tool gratis ini (ada yang versi berbayar juga untuk enterprise) sangat berguna untuk mengetahui data-data visitor website Anda, misal:
  • Jumlah page views
  • Jumlah new visitor
  • Jumlah returning visitor
  • Dari browser apa pengunjung website Anda berasal
  • Dari mana pengunjung website Anda berasal (dari Google, ketik langsung, atau dari acuan website lain)
  • Halaman apa yang dikunjungi dan berapa lama
  • Persentase bounce rate di website Anda
  • Keyword yang mendatangkan visitor
  • Dan sebagainya
Cara pakai:
Sama dengan Google Search Console, yaitu harus memiliki akun Google dulu untuk login dan melaksanakan validasi di website yang sedang dioptimasi. Untuk login Google Analytic mampu kunjungihttps://www.google.com/analytics, dan dikala artikel ini ditulis Google Analytics telah tersedia juga aplikasinya di Android dan iOS.

3. Tool Untuk Cek Backlink Kompetitor

Backlink, alias link yang mengarah ke sebuah website, memiliki imbas yang sangat signifikan dalam SEO. Jika sebuah website menerima backlink dalam jumlah yang banyak, berkualitas, dan relevan, maka semakin besar potensinya untuk bertengger di halaman 1 Google.
Artinya, bila kompetitor Anda memiliki posisi yang cantik di Google, mampu jadi ia memiliki banyak backlink dari website lain. Nah, budi sederhananya, bila kita mampu mengetahui dari mana saja backlink tersebut berasal, kita juga mampu menerima backlink yang sama dengan kompetitor kita.
Untuk itulah tool cek backlink digunakan. Beberapa fitur yang tersedia diantaranya (tergantung tool yang digunakan):
  • Mengetahui jumlah backlink kompetitor Anda, dan dari mana saja sumbernya
  • Mengetahui Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) dari backlink tersebut
  • Mengetahui PageRank (PR) dari backlink tersebut
  • Mengetahui apakah backlink tersebut dofollow atau nofollow
  • Mengetahui anchor text dari backlink tersebut
Beberapa tools backlink yang umumnya dipakai pelaku SEO:
– Ahrefs (berbayar)
– MOZ (berbayar)
– SEMrush (berbayar)
– Majestic SEO (berbayar)
– RankSignals (gratis)

4. Tool untuk Cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Domain Authority dan Page Authority adalah sebuah sistem scoring (alogaritma) yang dikembangkan oleh perusahaan software SEO yang berbasis di Amerika, yaitu MOZ. Secara sederhana, bila sebuah website memiliki PA dan DA yang tinggi, maka semakin besar peluangnya untuk memiliki posisi yang cantik di Search Engine.
Lalu, buat apa mengetahui PA dan DA sebuah website? Hal ini berguna pada dikala kita melaksanakan link building untuk SEO. Menurut Google, link berkualitas ialah link yang berasal dari website yang berkualitas juga. Nah, salah satu tolak ukur “berkualitas” ini ialah dilihat dari DA dan PA sebuah website.
Salah satu tool yang mampu dipakai adalah add-on SEO dari MOZ yang mampu dipasang di browser Chrome dan Mozilla secara gratis. Setelah add-on tersebut terpasang di browser Anda, maka Anda mampu pribadi mengetahui PA dan DA sebuah website pada dikala Anda mengunjunginya.

5. CopyScape untuk Cek Konten Duplikasi (Jiplakan)

Sejak update alogaritma Panda dari Google, konten jiplakan harus Anda hindari bila ingin melaksanakan SEO. Tapi jikalau harus cek satu per satu apakah ada konten jiplakan di setiap halaman website tentu akan repot sekali.
Dengan CopyScape, Anda cukup memasukkan URL website Anda dan sistem akan melaksanakan pengecekan apakah ada halaman yang memiliki konten duplikat, atau malah sebaliknya, apakah ada website lain yang meniru konten Anda. Tool ini tersedia yang gratis (dengan fitur yang dibatasi) dan yang berbayar.

6. Cek Kecepatan Loading

Tool Cek Kecepatan Loading dari Google
Kecepatan loading sebuah website, baik di desktop ataupun di mobile, akan mempengaruhi ranking Anda di Google. Semakin cepat loading-nya, maka semakin baik. Untuk mengetahui score kecepatan loading website Anda, mampu menggunakan tool gratis dari Google berikut:https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
Cara pakainya tidak perlu bikin akun, mampu pribadi mengetik URL website Anda, dan setelahnya akan muncul score hasil penilaian beserta hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Hal-Hal Lain Yang Perlu Diperhatikan

Bagi sebagian orang tertentu, memahami penggunaan tools tersebut mungkin agak sulit dan teknis. Ya memang, segala sesuatu jikalau mau berhasil harus dipelajari dulu. Bagi Anda yang mengalami kesulitan teknis, Anda mampu mencari tutorialnya di Youtube ataupun di Google, meminta pertolongan web programmer, atau bila Anda tidak punya waktu dan tidak mau repot-repot mempelajarinya Anda mampu menggunakan jasa SEO untuk membantu Anda. Baca Cara Mengoptimalkan Gambar (Images) Pada Postingan Blog/website

Sukses selalu untuk bisnis Anda!

0 Response to "6 Tool Seo Mengoptimalkan Suatu Website/Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel