Cara Flashing Samsung Galaxy J5 Sm-J500g Via Odin (Bootloop)

Mengatasi Samsung J5 Tidak Tampil Menu (Bootloop)

Samsung J5 ialah hp android yang terbilang sangat unggul diantara samsung lainnya, menyerupai samsung j1 ace samsung j2 prime, ada pula yang memiliki fitur canggih menyerupai samsung j700 , semuanya samsung tersebut kalau sudah bootloop tidak akan tampil sajian android, 

Bootloop ialah sistemandroid

Langkah-Langkah Flashing Samsung Galaxy J5 SM-J500G




Langkah 1. Wipe Data Factory Reset


Supaya sistem gres tidak bentrok dengan sisa-sisa sistem lama yang biasanya akan membuat hape tidak mampu masuk kedalam sajian saya sangat merekomendasikan anda untuk melakukan Factory Reset terlebih dahulu.

Caranya gimana...?

Pertama Matikan perangkat Samsung Galaxy anda, bila memungkinkan lepaskan baterai supaya benar-benar yakin perangkat telah mati.

Selanjutnya masuk Recovery Mode dengan cara menekan kombinasi tombol “ Power + Home + Volume Atas “ secara bersamaan.

Setelah masuk Recovery Mode gunakan tombol volume untuk berpindah dari opsi yang satu ke opsi yang lain dan tombol power untuk memilih salah satu opsi.

Selanutnya pilihlah opsi “ Wipe Data Factory Reset “ yang kemudian dilanjutkan dengan memilih “ Delete All User Data “.

Setelah proses reset selesai, kembali kemenu utama kemudian Restart perangkat dengan memilih sajian “ Reboot System Now “ .

Sebenarnya anda mampu melewati tahap ini dengan catatan :

Jika Firmware yang anda download terdiri dari 4 File yang terdiri dari file dengan kode AP, BL, CP dan CSC (Home CSC).
Pada tombol CSC pilihlah file dengan awalan CSC bukan Home CSC. Dengan memilih file CSC hape akan diformat ulang sehingga semua data dan akun aplikasi yang ada dihape anda akan dihapus.


Langkah 2. Masuk Download Mode


Masuk ke Download Mode dengan menekan tombol kombinasi “ Power + Home + Volume Bawah “, sesudah muncul logo Samsung lepaskan semua tombol tadi.

Akan muncul peringatan bahaya melakukan instalasi perangkat lunak tidak resmi, tapi abaikan saja dengan menekan Volume Atas untuk masuk ke Download Mode.


Langkah 3. Jalankan Aplikasi Odin


Jalankan Program Odin yang telah didownload tadi kemudian sambungkan ponsel Android dengan komputer.

Odin secara otomatis akan mengenali perangkat karena sebelumnya kita sudah menginstal driver USB Samsung.


Perhatikan pada ID:COM yang ada di pojok kanan atas, belahan ini akan berwarna BIRU yang menunjukan perangkat terbaca dengan sempurna dan siap untuk di Flash. Pada Message Box akan muncul pesan “Added ” sesaat sesudah Ponsel Android tersambung.

Sedangkan Pada sajian Option dan Pit biarkan pada pengaturan defaultnya menyerupai “AutoReboot” yang akan menawarkan kode untuk melakukan Restart Ulang sesudah proses flash tamat dan ” F. Reset Time “ yang akan memformat memori internal.

Masukkan Firmware yang akan diinstal dengan menekan tombol PDA / AP lalu cari Firmware dengan Ekstensi Tar.MD5.

Saya Ulang Sekali Lagi…!

Biasanya firmware Android Samsung terdiri dari satu file dengan kode AP saja dengan format Tar.MD5.

Apabila nanti firmware yang anda download ternyata terdiri dari banyak 4 / 5 file menyerupai : AP, BL, CP, CSC, HOME_CSC. Masukkan File tersebut pada kolom ODIN yang sesuai dengan kode nama File.

Khusus untuk CSC hanya digunakan jikalau kamu ingin menghapus semua akun dan aplikasi (Factory Reset) jikalau tidak ingin menghapus data, pilih HOME_CSC.


Langkah 4. Jalankan Proses Flash


Selanjutnya sesudah semua file ada ditempatnya masing-masing klik tombol “ Start “ pada aplikasi Odin untuk memulasi flashing.

Setelah muncul pesan PASS pada kotak berwarna hijau, lepaskan sambungan kabel USB Ponsel Samsung anda dengan komputer.

Booting awal perangkat sesudah menjalani proses Flashing akan berlangsung agak lama karena sistem gres perlu membaca hardware dan memasang aplikasi baru.

Selamat, anda telah tamat Flash ulang Samsung Galaxy J5 SM-J500G.

Masalah Saat Flash Ulang Samsung Galaxy


Ada beberapa dilema yang seringkali dijumpai para Flasher ketika menggunakan aktivitas Odin untuk instal ulang Firmware pada perangkat Samsung Galaxy menyerupai :


Masalah 1. Perangkat Tidak Terbaca Program Odin


Penyebab hape tidak terbaca oleh aktivitas Odin mampu jadi karena anda belum menginstal driver USB Samsung. Instal kembali Driver USB Samsung versi terbaru, dan gunakanlah driver yang sesuai dengan tipe sistem operasi komputer misalnya Windows 64 bit maka gunakan driver USB untuk Windows 64 bit.

Selain karena belum menginstal Driver USB , perangkat tidak terbaca mampu jadi disebabkan oleh Port USB ponsel anda rusak, atau sebaliknya Port komputer anda yang rusak. Atau mampu jadi ponsel samsung anda tidak terbaca karena kabel data yang digunakan jelek.

Kalau ternyata Port USB hape yang rusak, tidak ada cara lain kecuali memperbaikinya terlebih dahulu. Sedangkan jikalau Port USB komputer yang rusak, coba di Port yang lain.


Masalah 2. Proses Flash Terhenti (Fail)


Terhentinya proses flash ditengah jalan disebabkan oleh beberapa hal berikut menyerupai :

Firmware tidak cocok dengan seri dan pita dasar perangkat android, solusinya ganti dengan firmware yang sesuai dengan tipe dan seri HH serta Versi Pita Dasar yang mampu dicek pada MenuPengaturan -> Informasi Telepon -> Informasi Perangkat Lunak -> Versi Pita Basis
Kabel datanya buruk (bermasalah), solusinya ganti dengan yang lebih baru
Menggunakan versi Odin yang tidak cocok dengan Firmware, solusinya ganti versi Odin dimana untuk firmware 1 file gunakan Odin dengan kolom PDA, sedangkan paket firmware komplit 4 File gunakan Odin dengan kolom PA/PDA.

Demikian info tentang Cara Flash / Update Firmware Samsung Galaxy J5 SM-J500G dengan Firmware Resmi yang sudah mendukung Bahasa Indonesia, semoga bermanfaat. Baca Download Firmware Samsung J500G Indonesia Google Drive

0 Response to "Cara Flashing Samsung Galaxy J5 Sm-J500g Via Odin (Bootloop)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel