Cara Mengatasi Trafik Blog/Website Menurun Drastis

Akhir-akhir ini trafik saya menurun, hal itu membuat saya bingung. Ketika saya membaca artikel yang saya tulis Cara Meningkatkan Traffic Blog/website Secara Maksimal Hingga 2000%. Saya coba beberapa cara, jadinya saya menemukan cara yang mampu membuat trafik blog saya menjadi naik.

Namun saya masih khawatir bagaimana jikalau trafik blog saya turun kembali atau tidak stabil, dan saya menerima solusi yang tepat. Jadi, berdasakan pengalaman dan artikel yang saya baca, ada beberapa cara yang biasanya dilakukan oleh blogger, tetapi mampu mengatasi trafik blog yang menurun tiba-tiba.
 Ketika saya membaca artikel yang saya tulis  Cara Mengatasi Trafik Blog/website Menurun Drastis


Sebelum nya baca dulu penyebab trafik blog menurun drastis berikut ini.

Penyebab Traffic Blog / Website Turun Secara Tiba-Tiba Dan Cara Mengatasinya.


1. Sering Ganti Template.

Dengan banyaknya Template SEO Friendly, Responsive, Fast Loading, High CTR, Paling SEO, dan lain sebagainya yang dibagikan secara gratis dan adanya rasa tidak percaya diri yang dimiliki tampilan blog, hal inilah sebagai penyebab utama yang memicu pemilik blog sering melakukan pergantian template, terutama bagi pengelola blog yang kurang memahami Template SEO dan Template yang bukan SEO, makan akan dengan praktis tergiur iming- imimng Template baru.

Apakah Mengganti Template yang terlalu sering Bisa menyebabkan Blog Turun Drastis ?.

Jawabanya yakni : mampu Iya, dan mampu jugaTidak.

Iya, jikalau blog atau website anda memiliki traffic yang tinggi, kemudian bukannya anda memikirkan artikel yang ingin diposting , namun sebaliknya anda malah sibuk dengan melakukan pergatian template hanya gara-gara tampilan blog yang kurang keren, kurang responsive dan lain sebagainya, ataupun hanya tergoda iming-iming template produksi terbaru yang mengatakan segala kelebihannya.

Dengan seringnya mengganti template pada blog yang memiliki traffic tinggi, ini sangat mungkin terjadi sebagai penyebab turunnya traffic blog secara mendadak, hal ini di karenakan jikalau blog atau website yang memiliki pengunjung atau visitor yang tinggi, pastinya 50% pengunjung tiba dari search engine.

Sehingga setiap pengunjung datang, maka Search Engine akan melakukan crawling ulang terhadap struktur template maupun artikel yang ada, mampu dibayangkan betapa bingungnya search engine dalam menelusuri artikel yang ada di blog karena selalu menemukan struktur yang sering berubah atau berganti jawaban ganti template.

Dan jikalau problem tersebut terus dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan mesin pencari akan enggan untuk kembali singgah ke blog atau website kita dan lebih memilih mampir di blog tetangga yang dirasa lebih konsisten, dan yang lebih parahnya lagi kalau sampai search engine menganggap blog kita sebagai blog spam, terutama Google, kalau hal ini terjadi jangan harap artikel kita mampu muncul dalam hasil pencarian.

Kalu sudah begini kemungkinan yang mengunjungi blog kita hanyalah visitor tetap atau visitor yang sering berkunjung ke blog Anda, sedangkan untuk visitor gres yang umumnya tiba dari mesin pencari akan lebih sulit untuk di dapatkan.

Tidak, jikalau blog atau situs yang Anda kelola tidak memiliki traffic tinggi alian blog dengan traffic rendah, kenapa saya bilang menyerupai ini?, ya karena saya sering sekali gota-ganti template sampai ratusan template sudah pernah saya coba, bahkan dalam 1 hari saya mampu mencoba sami 4-5 template, namun begitu blog saya aman-aman saja, dan memiliki traffic yang stabil.

Kenapa blog traffic rendah lebih aman dalam mengganti template?.

Hal ini terjadi karena, jikalau blog kita memiliki traffic rendah, maka kemungkinan besar search engine lebih jarang menelusuri blog kita, atau mesin pencari melakukan crawling dikala kita melakukan submit artikel saja, sehingga search engine tidak terlalu menghiraukan perubahan-perubahan yang ada di dalam template blog.

Cara Mengatasinya.

Kemungkinan besar untuk mengembalikan traffic blog menyerupai sediakala lebih susah dan membutuhkan waktu yang cukup lama, hal ini disebabkan karena search engine sudah tidak percaya dengan blog yang kita miliki, sehingga keberadaan blog kita lebih diasingkan dan artikel kita sangat sulit untuk muncul pada 10 besar hasil pencarian search engine.
Dan satu-satunya cara supaya blog kembali normal yakni kita harus lebih sabar, anggap saja kita mulai dari nol lagi menyerupai dikala pertama kali membuat blog baru, kemudian jangan lupa untuk selalu melakukan update artikel yang fresh secara teratur supaya search engine mengganggap blog kita masih terurus dan kalau mampu kita membuat artikel pilar untuk menarik mesin pencari mengunjungi blog kita, dan yang tidak kalah penting lagi adalah, setiap membuat artikel gres untuk selalu melakukan Submit Sitemap Blog di Google Webmaster.

2. Terjebak SEO.

Salah satu penyebab turunnya traffic blog yakni kesalahan kita dalam memahami SEO Blog, dimana karena terlalu ambisius dalam meningkatkan traffic, sehingga kita lupa dari makna SEO yang sebenarnya, yang selanjutnya menyebabkan over dalam melakukan Optimasi SEO On Page maupun SEO Off Page.

Karena bagaimanapun juga sesuatu yang dilakukan dengan cara berlebihan mampu berakibat kurang baik, sama halnya jikalau kita melakukan Optimasi SEO, misal membuat kata kunci atau keywords yang terlalu banyak dalam satu artikel guna meningkatkan artikel kita supaya muncul dalam 10 besar dalam hasil pencarian, sehingga dengan terlalu seringnya mengulang kata kunci, mampu saja ini dianggap sebagai gudang spam karena terindikasi melakukan Blackhat SEO, dan tetunya search engine tidak menyukai hal yang tekesan dipaksakan.

Disisi lain jikalau kita mengabaikan SEO Blog, ini juga memiliki imbas yang buruk terhadap kelangsungan traffic blog, untuk itu alangkah lebih bijaksana, jikalau melakukan Teknik SEO sewajarnya saja, yang selanjutnya yang harus dipikirkan yakni membuat artikel yang yang dibutuhkan pengunjung, sehingga blog kita akan semakin terkenal di hadapan search engine dan penguna internet.

Cara Mengatasinya.

Untuk menyembuhkan blog menyerupai semula membutuhkan waktu yang relatif lebih cepat, kita hanya butuh membenahi artikel dengan cara melakukan pengecekan link, selanjutnya pelan tapi pasti blog kesayangan kita mampu muncul kembali di permukaan hasil pencarian Search Engine.

3. Algoritma Google Update.

Kemungkinan lain yang mampu menjadi penyebab pengunjung blog turun drastis yakni adanya perubahan Algoritma Google, yang mana hal ini masuk nalar terjadi, dan mengingat Google yakni search engine yang canggih, sehingga dampak yang ditimbulkan juga tidak terlalu berpengaruh atau hanya bersifat sementara saja, namun dengan catatan anda tidak melakukan hal-hal-yang memang melanggar kebijakan Google.

Karena menyerupai yang kita ketahui, Google terus melakukan pembaharuan Algoritma secara terpola untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian, sehingga mampu menampilkan hasil artikel yang benar-benar relevan dengan kata kunci (keywords) yang di gunakan penggunjung, supaya informasi yang didapatkan sesuai dengan apa yang di harapkan oleh pengguna internet.

Cara Mengatasinya.

Untuk meyingkapi hal semacam ini, anda tidak perlu risau apalagi galau, karena kesalahan bukan dari anda, melainkan dari perubahan algoritma search engine Google, dan biasanya hal semacam ini tidak memakan waktu yang lama untuk mengembalikan traffic blog, karena secara otomatis dalam waktu yang singkat blog atau website akan kembali normal menyerupai semula.

4. Blog Hilang Tanpa Sebab Yang Jelas.

Nah, untuk problem hilangnya blog dari peredaran search engine secara tiba-tiba ini kita harus sangat serius dalam memahami dan mengambil tindakan, karena dampak yang ditimbulkan akan membuat anda cukup pusing, bahkan mampu membuat rasa jengkel yang berkepanjangan yang mampu saja anda akan meninggalkan program blogging.

Kenapa saya katakan salah satu penyebab hilangnya blog dari peredaran mesin pencari tidak jelas?, ya karena saya pernah mengalaminya, dimana blog yang saya kelola tersebut merupakan sebuah blog sederhana yang berisi tentang tutorial service komputer hasil pengalaman pribadi yang tentunya berisi artikel original, ya walaupun kasus menyerupai ini sangat jarang sekali terjadi, dan umumnya hanya terjadi pada blog gratisan.

Namun kenyataannya tanpa karena yang jelas, situs raib dari hasil pencarian search engine, bahkan nama situs diketik saja sudah tidak muncul, bagaimana kita mampu menemukan artikel? dan dari kejadian tersebut saya sudah mencoba segala cara untuk mengembalikan subaya blog mampu terindex kembali oleh mesin pencari, tetapi karenanya sia-sia.

Cara Mengatasinya.

Sambil mengingat apa yang telah saya lakukan baru-baru ini terhadap blog dan memperbaikinya, serta menunggu datanganya keajaiban, saya membuat blog baru, hal ini saya lakukan karena saya berfikir daripada menunggu sesuatu yang tidak pasti lebih baik saya membuat blog baru.

Karena bagaimanapun juga sesuai pengalaman, jikalau blog sudah mengalami problem tersebut, maka akan sangat sulit sekali untuk memulihkan kodisi menyerupai sedia kala, bahkan mampu dibilang lebih praktis mengelola dan meningkatkan traffic blog baru, dan umumnya setelah blog di hapus gres kemudian artikel akan muncul kembali di hasil pencarian search engine, akan tetapi karena blog atau artikel sudah terhapus, maka dikala artikel di klik akan menuju halaman kosong atau muncul pesan Not found 404 atau Blog sudah di Hapus.

Dari apa yang saya tulis diatas, sesuai pengalaman hal yang paling berpengaruh terhadap turunnya pengunjung blog yakni pemasangan iklan yang di anggap sebagai malware sehingga akan menampilkan peringatan kepada pengunjung blog / website, bahwa yang mereka kunjungi yakni blog yang berbahaya.

Dengan demikian, jikalau yang mengunjungi blog kita yakni pengunjung baru, maka secara otomatis mereka akan segera meninggalkan blog kita, terlebih bagi blog / website yang memiliki trafic tinggi dari mesin pencari (search engine) atau trafic organic.

Untuk itu saya sarankan kepada pengelola situs web supaya selalu senantiasa untuk berhati-hati dalam memilih layanan iklan, jangan sampai hanya gara-gara tergiur komisi yang besar akan tetapi malah melupakan kesehatan situs.

Selain empat kemungkinan penyebab turunnya pengunjung blog secara tiba-tiba, saya yakin masih aneka macam faktor lain yang menjadi penyebab hilangnya sebuah situs dari mesin pencari, dan tentunya yang paling mengetahui penyebab dan cara menagatasi blog atau website yang turun drastis yakni pengelola situs web yang bersangkutan.

Cara Mengatasi trafik sebuah website / Blog menurun drastis

Berikut beberapa solusi yang tepat untuk mengatasi trafik blog yang menurun:

Membuat Postingan Baru

Ketika melihat trafik saya turun biasanya saya akan membuat postingan baru. Menurut saya membuat postingan gres akan meningkatkan trafik blog saya kembali, dan membuat blog saya menerima pengunjung baru. Karena trafik menurunlah saya juga mampu menerima inspirasi, jadi menurut saya solusi ini mampu anda coba lakukan dan cara ini lebih efektif. Baca 5 tips membuat konten blog yang ramai pengunjung meningkatkan visitor blog

Pilih Judul Yang Efektif

Saat membuat postingan baru, sebaiknya anda memilih judul yang mampu menarik visitor. Jika judul dan konten postingan mampu membuat visitor membacanya berulang kali, tentu trafik tidak akan menurun dan malah akan stabil kembali. Misalnya seperti, Bagaimana Cara Merakit Komputer. Pasti orang yang mengunjungi postingan itu akan membaca berulang kali sampai komputernya selesai dirakit.

Share Postingan

Berikutnya yakni dengan cara membagikan blog anda atau postingan gres anda, cara ini juga mampu meningkatkan trafik blog anda. Dengan membagikan blog anda, orang akan melihat dan mengunjungi blog anda beserta postingan anda juga. Makara otomatis trafik anda tidak akan menurun drastis, malah akan meningkat dan stabil. Sebaiknya bagikan link blog anda di sosial media dan forum-forum terkenal, menyerupai facebook, kaskus, dan sejenisnya.

Cek Webmaster

Dalam dunia ngeblog, pastinya para blogger akan mendaftarkan blog dan setiap postingannya di webmaster. Cek google analytic kemudian lihat apakah ada url yang error, atau yang dicekal oleh robot.jika anda melihat beberapa problem di search console blog anda, sebaiknya segera perbaiki. Hal ini sangat berpengaruh pada jumlah trafik anda. Cara Cara Membuat dan Mengirimkan Peta Situs Blogger

Makara dikala anda melihat trafik blog anda menurun tiba-tiba, anda mampu menggunakan cara diatas satu per satu.  Baca Cara Mendaftar Artikel Blog Terdaftar Cepat Terindex Search Engine Google, Bing, Yahoo

Sekian itu saja tips dari saya, mungkin saya nanti akan menambahkan beberapa tips lagi.
Semoga artikel ini bermanfaat, tunggu artikel selanjutnya. Silahkan follow supaya anda mampu mengetahui update terbaru serta tinggalkan masukan atau saran dikomentar kamu dan jangan lupa untuk share untuk mendukung blog ini supaya mampu berkembang.

0 Response to "Cara Mengatasi Trafik Blog/Website Menurun Drastis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel