Pengertian, Manfaat, Efek Seo Inbound Link Dan Outbound Link Pada Blog/Website

Ada dua jenis link, ialah inbound link dan outbound link. Tentu setiap situs atau blog memiliki inbound dan outbound link, Pengertian dan manfaat nya juga berbeda jauh. secara awam mampu dikatakan juga dengan link masuk dan link keluar. Linking dalam web sangat penting, dan diharapkan sebuah blog/web memiliki cukup baik link inbound maupun outbound.



Sebenarnya masih ada satu jenis link lagi, ialah reciprocal link (link timbal-balik), namun Tutorial SEO kali ini akan membahas khusus pengertian/definisi dari inbound link dan outbound link dan pengaruhnya terhadap Search Engine Optimization (SEO).

Seperti Anda ketahui, banyak blogger yang terobsesi dengan backlink (inbound) dan selalu terlibat dalam perdebatan "dofollow" dan "nofollow" link dan juga menimbang-nimbang manfaat dan kekurangannya. Bahkan tidak jarang ada yang membeli backlink untuk meningkatkan Pagerank (PR) blog/web mereka . So sebelum itu semua, ada baiknya Anda memahami definsi dan manfaat mengenai problem web linking ini.

INBOUND LINK

Inbound link ialah link yang mengarah atau menuju ke blog/situs Anda dari situs eksternal atau link dari situs atau blog lain yang ditargetkan ke blog Anda. Inbound link ini juga dikenal sebagai Backlink, atau backlink ialah sinonim dari kata inbound link.

Sebagai teladan :
Jika "teknisi-blogger.blogspot.com" memiliki link yang mengarah/menuju ke "yourdomain.com", ini berarti inbound link (backlink) untuk "yourdomain.com". Namun dari prespektif "teknisi-blogger.blogspot.com" ini berarti outbound link.

Inbound link (backlink) ialah salah satu faktor utama untuk Search Engine Optimisation (SEO) yang baik.

Jumlah backlink yang dimilki sebuah situs/web merupakan indikasi popularitas atau pentingnya situs web itu di mata search engine. Backlink (inbound) penting untuk SEO alasannya ialah mesin pencari ibarat Google dan yang lain, menunjukkan kredit lebih untuk website yang memiliki sejumlah backlink berkualitas, dan memberi peluang lebih besar menampilkan di halaman hasil pencarian (SERP).

Namun, nah ini perlu Anda simak baik-baik, jikalau Anda memiliki banyak backlink berkualitas buruk dan tidak relevan menunjuk ke situs Anda malah jadi BENCANA Sob!!!. Google Penalty will lead to you sooner or later, ini terjadi alasannya ialah Anda tidak memiliki otoritas atas inbound link dari backlink yang tidak relevan. Google hanya suka jikalau link yang relevan menunjuk ke situs Anda. Tentu jikalau konten Anda kaya dengan gosip dan unik konten maka kemungkinan orang akan mereferensikan link (yang relevan) ke situs Anda dan ada kemungkinan link tersebut link "dofollow" sehingga Anda akan menerima free traffik yang ditargetkan ke situs Anda. Inbound link yang "dofollow" mampu meningkatkan Pagerank dan memperbaiki SERPs blog/web.

Mendapatkan backlink dari situs/blog dengan PR yang tinggi ialah hal penting yang perlu Anda upayakan, bahkan Matt Cutts (the head of the webspam team at Google) mengisyaratkan bahwa tidak perlu terlalu terobsesi mencari banyak backlink, cukup konsisten dengan 2 atau 3 blog/website dengan PR tinggi (min PR 4) cukup memberi imbas bagi SEO, semakin tinggi PR semakin banyak traffik ke blog/web Anda.

Backlink memang perihal kuantitas (semakin banyak semakin popular), tetapi lebih penting dari itu berbicara mengenai link yang menuju ke situs Anda ialah perihal kualitas. Search Engine mempertimbangkan isi dari situs yang menghubungkan ke situs Anda. Semakin baik konten yang dimilki situs itu maka semakin tinggi peringkatnya di SERP, semakin baik pula "link juice" yang diberikan untuk situs Anda.

OUTBOUND LINK


Ini kebalikan dari inbound link. Link yang mengarah ke situs/blog lain yang berasal dari situs Anda. Outbound Link akan mengirimkan pengunjung keluar dari situs/blog Anda. Ada perbedaan pandangan perihal outbound link, ada yang memberikan ini kurang baik bagi SEO jikalau dilakukan. Salah satu alsasanya tentu kemungkinan akan kehilangan kemudian lintas/trafiik ketika Anda menaruh link keluar dalam postingan Anda. Atau pandangan yang lebih ekstrim akan sama sekali tidak mau beresiko memasang link keluar (outbound) dikarenakan hal itu berisiko kehilangan waktu dan uang dari pengunjung situs/blog Anda. Baca Manfaat Membuat Eksternal Link Pada Blog/website

Ada pula yang berpendapat justru sebaliknya. Termasuk saya (penulis) cederung sependapat dengan padangan bahwa menunjukkan rujukan berkualitas tinggi akan meningkatkan nilai dari situs/blog dan meningkatkan kemungkinan pengunjung kembali. Jika Anda menyebarkan sumber/source artikel yang memiliki kegunaan maka kemungkinan bahwa pembaca Anda akan menempel di blog Anda dan akan datang kembali untuk mencari sumber yang lebih berguna. Tentu dalam menaruh outbound link dalam posting Anda pastikan mereka menunjuk ke konten yang relevan, original dan informatif.

Berikut saya lampirkan advise yang berbau humor dari Matt Cutts-Law of SEO perihal Backlink (inbound link).

Matt memberikan bahwa, sementara ia dipandang sebagai panduan adat untuk SEO, ia merasa semua tentu tahu apa yang benar dan apa yang salah. Kita semua orang bakir dan tahu apa perilaku berisiko itu. Yang perlu Anda lakukan ialah berpikir sejenak mengenai: "apa yang terbaik bagi pengguna?" "apa yang terbaik untuk situs" "apa yang terbaik bagi perusahaan?" Dan Anda akan datang dengan akhir yang benar tanpa harus berkonsultasi dengan Mr. Cutts di setiap tikungan.

Matt juga memberi teladan perihal perilaku sangat berisiko dalam hal menerima backlink: Yaitu menghubungi Google dan meminta tukar link.

"Dear webmaster Google.com, situs Anda terlihat terkemuka dan berwibawa. Maukah Anda menghubungkan (tukar link) ke website kami, dan kami akan membalas akal untuk Anda? "


Ok Kawan, itulah pengertian atau definisi dari Inbound Link dan Outbound Link yang agar mampu memberi pemahaman baru dan digunakan secara bijaksana sesuai dengan pandangan Anda.

0 Response to "Pengertian, Manfaat, Efek Seo Inbound Link Dan Outbound Link Pada Blog/Website"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel