Perbedaan Visitor, Page View, Unique Visitor, Bounche Rate
Bagi para teman blogger, tentu sudah tidak gila lagi kan dengan istilah Visitor dan Pageview.Visitor dan Pageview bukan merupakan suatu yang sama. Berbeda tapi hampir serupa ,,hehehe. Mungin ada teman blogger yang masih newbie yang menerka bahwa visitor dan pageview adalah sama, tidak salah kok, cuma kurang tepat aja,,hehehe. Pageview bisa teman lihat di statistik blog sobat, atau di sparklink blog teman jikalau teman memasangnya. Sparlink itu bukan pengunjung ! melainkan pageview. Saya dulu juga sempat menerka bahwa sparlink yakni visitor, tetapi sehabis saya mengenal Histat, ternyata dugaan saya selama ini salah. Pageview pasti lebih banyak dari pada visitor. Tidak mungkin Visitor lebih banyak dari pada pageview. OK untuk lebih jelasnya kita saksikan saja perbedaan Visitor dan Pageview di bawah ini :Istilah-istilah umum dalam dunia blog tersebut sebaiknya harus diketahui untuk memudahkan anda dalam mengelola blog. Setidaknya kita harus mengetahui perbedaan dan pengertian antara satu dengan yang lain. Adapun berikut ini yakni pengertian visitor, pageview, unique visitor, dan bounce rate dalam dalam dunia blog.
Perbedaan Visitor, Page View, Unique Visitor, Bounche Rate
1. Visitor
Visitor yakni jumlah keseluruhan pengunjung dari sebuah blog atau website dalam kurun waktu tertentu. Atau secara sederhanyanya, semua orang yang telah mengakses halaman blog anda disebut sebagai visitor. Namun visitor tidak hanya berupa insan yang mengakses saja, tapi juga beberapa software yang biasa disebut bot juga terhitung sebagai visitor. Meskipun demikian, visitor dari bot secara normal jumlahnya sangat kecil.
Bot sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni menguntungkan dan merugikan. Dari sisi menguntungkan ada Google bot yang bertugas untuk menulusuri halaman blog supaya kemudian mampu diakses melalui mesin pencari Google. Sedangkan yang merugikan mampu saja berupa bot auto visitor atau biasa disebut dengan istilah jingling. Bot auto visitor ini biasanya hanya mampu bekerja atas perintah seseorang, entah itu lantaran iseng atau duduk masalah lainnya. Tapi intinya bot auto visitor sangat merugikan pemilik blog bersangkutan.
Dan sebagai pengetahuan bahwa visitor bot tidak akan pernah dihitung oleh situs tracking mirip histats dan Google Analytics, sementara fitur tracking pada Blogger tetap menghitungnya lantaran digolongkan sebagai Pageview (PV).
Tips Meningkatkan Visitor Pengjnjjng blog2. Unique Visitor (UV)
Unique Visitor (UV) yakni visitor unik dalam sebuah blog, yang mana mereka mengunjungi blog anda lebih dari sekali. Misalkan saja mirip pengunjung anda mengakses blog pada hari ini dan kembali besok harinya maka itu digolongkan sebagai visitor unik. Namun apabila pengunjung hanya mengakses blog anda sekali dan tidak pernah kembali lagi maka hanya digolongkan sebagai visitor biasa saja.
Semakin banyak visitor unik pada sebuah blog, artinya semakin baik juga perkembangan blog tersebut. Adapun untuk menghitung jumlah visitor dan pageview secara akurat anda mampu menggunakan layanan Google Analytics atau histats. Pasalnya dua layanan tersebut tidak akan menghitung bot yang masuk tapi hanya menghitung visitor murni dari manusia. Anda mampu menggunakan salah satu layanan itu dengan mengunjungi website resminya.
3. Pageview (PV)
Pageview (PV) merupakan jumlah halaman dari blog yang dibuka, baik itu oleh visitor insan maupun visitor bot. Adapun perhitungannya jikalau seorang visitor (manusia) membuka laman website anda sebanyak 5 kali maka pageview-nya juga akan berjumlah 5 tayangan. Perhitungan itu pun juga berlaku saat visitor melakukan refresh atau me-reload halaman blog, maka sudah terhitung menjadi 2 pageview, yang pertama saat membuka dan kedua saat mereload.
Lebih jelasnya lagi, dimisalkan saja sebuah blog setiap harinya memiliki 1000 visitor. Dan jikalau rata-rata setiap visitor membuka 5 halaman, maka artinya jumlah pageview harian blog tersebut berjumlah 3000 pageviws.
Jumlah pageview pada blog umumnya memiliki angka yang lebih besar dibandingkan jumlah visitor. Adapun semakin besarnya jumlah pageview yang anda miliki, otomatis konten yang ada pada blog anda juga disukai para pengunjung. Itu artinya anggun bagi perkembangan blog.
4. Bounce Rate
Bounce Rate sendiri yakni rata-rata angka persentase antara jumlah visitor dengan jumlah pageview sebuah blog. Menghitung bounce rate praktis saja, anda hanya cukup membagikan jumlah visitor dengan jumlah pageview maka akan menghasilkan persentase bounce rate.
Misalkan saja sebuah blog memiliki 100 visitor dan 150 pageview sehari, dibagikan 100/150 x 100 % = 66,66 %. Itulah jumlah bounce rate jikalau memiliki visitor 100 dan 150 pageview. Perhitungan persentase angka bounce rate yang baik yakni semakin kecil jumlah bounce rate, mengartikan semakin baik perkembangan blog tersebut.
Overview Visitor Pada Dashboard Blog (Blogspot atau Blogger.com)
Platform blogger rupanya sudah menyediakan fitur overview visitor untuk para penggunanya, tentu lantaran supaya pengguna mampu memperoleh informasi mengenai blog. Sayangnya informasi yang disediakan platform ini tidak begitu lengkap. Dashboard blog hanya menampilkan data seputar pageview blog saja, artinya tidak ada jumlah visitor, unique visitor, dan bounce rate.
Adapun untuk menerima lebih banyak informasi, utamanya untuk mengetahui jumlah visitor dan unique visitor—anda mampu menggunakan beberapa layanan tracking dan trafik monitoring. Seperti Google Analytics dan Histats, kedua layanan tersebut akan menampilkan informasi mengenai blog anda secara lengkap dari jumlah visitor, unique visitor, pageview, hingga persentase bounce rate. Anda mampu mendaftarkan nama blog pada salah satu layanan tersebut secara gratis.
0 Response to "Perbedaan Visitor, Page View, Unique Visitor, Bounche Rate"
Post a Comment